Belajar Bahasa Arab Alquran

Belajar Bahasa Arab Alquran – Sahabat belajar alquran.id seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Allah SWT menrunkan Alquran dengan mengguakan bahasa Arab. Tentunya sangat senang jika kita bisa mengetahui arti ketika kita membaca alquran, sehingga akan mempermudah kita untuk memahami alquran.

Hanya bagi sebagian kita yang tidak emiliki latar pendidikan tentang bahasa Arab akan mengalami sedikit kesulitan, seperti halnya saya yang memiliki  latar belakang pendidikan teknik elektro. Untuk menguasai bahasa Arab tentunya tidaklah udah (khususnya bagi saya sendiri), akan tetapi paling tidak kita mengetahui arti, khususnya kosa kata yang terdapat di dalam Alquran.

Oleh karena itu dalam atikel kali ini saya menulis serta mengambil beberapa kutipan yang bisa menjadi panduan untuk belajar bahasa Arab dimulai dengan Bahasa Arab yng terdapat dalam Alquran.

Tapi sebelumya kita juga perlu memahami betapa pentingnya mempelajari bahasa Arab ini, sejarah bahsa Arab dan kemudian bahasa Arab dalam Alquran.

Dibagian akhir, sahabat dapat mendownload sebuah buku panduan belajar bahasa Arab Alquran dalambentuk file pdf, sehingga kita dapat belajar dimanapun dan kapan pun.

Motivasi Belajar Bahasa Arab Alquran

Bahasa Arab memiliki kedudukan penting bagi umat Islam. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa internasional, di samping bahasa Prancis, Spanyol, Cina, dan Inggris. Bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa resmi PBB. Lebih dari satu miliar Muslim berdoa dan beribadah dengan bahasa ini setiap harinya.

Menurut Ethnologue, bahasa Arab merupakan bahasa berpenutur asli nomor lima terbanyak di dunia dengan 242,391 juta jiwa di 60 negara. Bahasa Arab merupakan bahasa nasional di 25 negara, seperti Arab Saudi, Algeria, Bahrain, Chad, Kamerun, Djibouti, Mesir, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Mauritania, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Suriah, Tunisia, Uni Emirat, dan Yaman.

Pentingnya mempelajari Bahasa Arab

pentingnya belajar bahasa arab alquran

belajar bahasa arab alquran

Dan Allah Ta’ala telah menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an karena bahasa Arab adalah bahasa terbaik yang pernah ada. Hal ini sebagaimana firman Allah Ta’ala,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآنًا عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Al-Quran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,

”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Al-Qur’an, pen.) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab, pen.).” [2]

Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi, memang sudah seharusnya bagi seorang muslim untuk mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Hal ini ditegaskan oleh firman Allah Ta’ala,

وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ (192( نَزَلَ بِهِ الرُّوحُ الْأَمِينُ (193) عَلَى قَلْبِكَ لِتَكُونَ مِنَ الْمُنْذِرِينَ (194( بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُبِينٍ (195(

“Dan sesungguhnya Al-Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Pencipta Semesta Alam,  dia dibawa turun oleh Ar-ruh Al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara [26]: 192-195)

Mengapa Wajib Belajar Bahasa Arab ?

Terdapat 11 ayat dalam Al Quran yang menyatakan bahwa Al Qur’an diturunkan dengan bahasa Arab. Rasulullah pun pernah bersabda “Pelajarilah bahasa Arab karena 3 hal : 1] Karena Aku (Nabi SAW) orang Arab, 2] Al-Quran berbahasa Arab, dan 3] Percakapan ahli surga adalah bahasa Arab.” Dan para ulama pun menganjurkan untuk mempelajari bahasa Arab karena merupakan bahasa utama dari dienul Islam.

1.    Al Quran Diturunkan dengan Bahasa Arab

Dalam Al-Quran terdapat 11 ayat yang menyatakan bahwa Al-Quran diturunkan dengan bahasa Arab, yakni dalam surat Yusuf : 2 ; Ar-Ra’du : 37; An-Nahl : 103; Thaha : 103; Asy-Syu’ara : 195; Az-Zumar : 28; Fushshilat : 3 & 44; Asy-Syura : 7; Az-Zukhruf : 3; Al-Ahqaf : 12.
Surat Yusuf : 2

2.    Sabda Rasulullah SAW

Di dalam kitab Faid al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Sagir susunan Al-Manawiy, disebutkan bahwa dari Ibnu Abbas dengan riwayat Muslim, Rasulullah bersabda:

أَحِبُّوْا الْعَرَبَ لِثَلاَثٍ: لِأَنِّي عَرِبِيٌّ وَ الْقُرْآنُ عَرَبِيٌّ وَ كَلاَمُ أَهْلِ الْجَنَّةِ عَرَبِيٌّ.

“Pelajarilah bahasa Arab karena 3 hal : 1] Karena Aku (Nabi SAW) orang Arab, 2] Al-Quran berbahasa Arab, dan 3] Percakapan ahli surga adalah bahasa Arab.”

3.    Perkataan Sahabat

Umar bin Khattab ra.

أَحْرِصُوْا عَليَ تَعَلُّمِ الُّلغَةِ الْعَرَبِيَّةِ فَإِنَّهَا جُزْءٌ مِنْ دِيْنِكُمْ

“Hendaklah kamu sekalian tamak (keranjingan) mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu merupakan bahagian dari agamamu”.

4.    Perkataan Ulama

Abdul Alim Ibrahim,

اَلُّلغَةُ الْعَرَبِيَّةُ هِيَ لُغَةُ الْعَرُوْبَةِ وَ اْلإِسْلاَمِ

“Bahasa Arab merupakan bahasa orang Arab dan sekaligus juga merupakan bahasa agama Islam”

Imam Asy-Syafi’i,

“Manusia menjadi buta agama, bodoh dan selalu berselisih paham lantaran mereka meninggalkan bahasa Arab, dan lebih mengutamakan konnsep Aristoteles. (via Adz-Dzahabi , Siyaru A’lamin Nubala, 10/74).

 Yusuf Al-Qardhawi,

“Umat Islam Indonesia sudah seharusnya menguasai bahasa Arab karena itu adalah bahasa Al-Quran”. (Republika, Jum’at, 29 Oktober 2010)

Sejarah Bahasa Arab

Ada banyak teori tentang asal usul bahasa ini. Sebagian pendapat menyatakan, bahasa Arab telah ada semenjak Nabi Adam. Hal ini merupakan interpretasi Alquran surah al-Baqarah ayat 31 bahwa Allah telah mengajarkan pengetahuan tentang nama-nama kepada Nabi Adam. Bahasa yang digunakan oleh Adam tersebut ditafsirkan sebagai bahasa Arab. Jadi, bahasa ini merupakan bahasa pertama yang digunakan manusia, kemudian berkembang menjadi berbagai cabang baru.

Pendapat kedua mengatakan, bahasa Arab termasuk rumpun bahasa Semitik yang merupakan turunan rumpun Afroasiatik. Menurut para ahli modern, bahasa di dunia awalnya berasal dari daerah asal mula manusia pertama menetap, yaitu sekitar Asia dan Afrika. Bahasa yang lahir dari kawasan ini pada masa-masa berikutnya mencapai ratusan bentuk bahasa baru yang digunakan oleh sebagian besar penduduk dunia.

Bahasa ini dinamakan Afro-Asiatic atau Afrasian atau Hamito Semitic, sebuah istilah yang diperkenalkan oleh Maurice Delafosse (1914). Bahasa ini memperanakkan sekitar 400 jenis bahasa yang beberapa di antaranya telah punah. Salah satunya, ialah rumpun bahasa Semit yang menjadi tempat bernaung bahasa Arab dalam pohon klasifikasi bahasa.

Kata Semit diambil dari Sem (Syam) putra Nuh, nenek moyang Ibrahim dan Ismail. Rumpun bahasa ini diperkirakan telah ada di Timur Tengah sejak abad keempat SM, kemudian berkembang masuk ke kebudayaan Mesopotamia dan mencapai Suriah.

Rumpun ini juga menurunkan bahasa Akkadian (telah punah), Ibrani, dan Aramaik yang banyak digunakan dalam literatur-literatur kuno. Abd Rauf bin Dato’ Hassan Azhari dalam “Sejarah dan Asal Usul Bahasa Arab: Satu Kajian Linguistik Sejarawi”, Pertanika Journal of Soc Sci &Hum 2004, menguatkan pendapat tersebut.

“Jika dianalisis dari segi konteks klausa, ternyata banyak terdapat titik kesamaan antara bahasa Semit dan bahasa Arab kuno,” kata dia. Contohnya, dalam unsur fonologi, unsur-unsur fleksi (al-i’rab), dan pola bentuk jamak. Penelitian menunjukkan, bahasa Arab juga memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Ibrani, sesama rumpun Semit.

Belajar Bahasa Arab Alquran

belajar bahasa arab

Belajar bahasa Arab

Al-Qur’an adalah kalam Allah yang berfungsi sebagai petunjuk bagi manusia. Sebagai kalam Allah, al-Qur’an berbeda dengan kalam manusia. Sebagai petunjuk hidup, tentu manusia harus berupaya memahaminya dengan pemahaman yang mendekati pemiliknya. Pada konteks seperti inilah, tafsir atas ayat-ayat al-Qur’an diperlukan.

Al-Qur’an seolah memilki sihir yang kuat terhadap bangsa Arab tatkala mereka mendengarkan ayat al-Qur’an. Hal tersebut timbul karena karakter bahasa Arab dalam al-Qur’an. Orang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahasa Arab dan memahami ilmu-lmu tentang bahasa Arab akan lebih mudah memahami al-Qur’an.

Salah satu kemukjizatan al-Qur’an terletak dalam aspek bahasa; sastra, balaghah, fashah, uslub dan rangkaian kalima. Bahasa Arab memiki keindahan dan gaya bahasa yang tidak dimiliki oleh bahasa-bahasa lainnya. Sebagaimana firman Allah di antaranya pada Surat an-Nahl ayat: 103.

Ebook Belajar Bahasa Arab Alquran pdf

Ebook 80% Kosakata Al Qur’an yang merupakan redesain dari buku 80% of Qur’anic Word karangan Dr. Abdul Aziz Abdurrahim yang telah diterjemahkan oleh Yayasan Azmuna dan oleh BISA dilengkapi 500 kata kerja tidak berulang dari surat Al Fatihah sampai surat Ali Imran.

Ebook ini akan membantu Anda dalam memahami Al Qur’an dengan menghafal kosakata penting yang sering diulang-ulang dalam Al Qur’an.

belajar baha arab alquran pdf

belajar baha arab alquran pdf

Ebook ini sangat bagus untuk kamu para penghafal Al Qur’an, yang sedang belajar Al Qur’an, dan siapa saja yang mencintai Al Qur’an.
Belajar Bahasa Arab Alquran

Belajar Bahasa Arab Alquran

Belajar Bahasa Arab Alquran

Ebook 80% Kosakata Al Qur’an yang merupakan redesain dari buku 80% of Qur’anic Word karangan Dr. Abdul Aziz Abdurrahim
Download
Demikianlah artikel tentang belajar Bahasa Arab Alquran ini semoga menambah semangat kita untuk terus dan istikomah dalam belajar bahasa Arab Alquran.

Leave a Reply