Belajar Membaca Alquran Cepat Untuk Dewasa

Posted on

Konten diperbaharui pada September 1, 2020 oleh Belajar Mengaji

Belajar Membaca Alquran Cepat Untuk Dewasa

Belajar Alquran maksudnya adalah belajar membaca Alquran, telah menjadi trend, akan tetapi Banyak orang bertanya, bagaimana cara belajar mengaji alquran dengan cepat ? maksudnya adalah cepat bisa membaca alquran. Sebagian orang beranggapan kalau membaca Al-Qur’an itu sulit dipelajari dan susah untuk dipahami terlebih khusus jika kita sudah beranjak dewasa.

Bagi sebagian orang Indonesia hal ini dapat dimengerti, karena kita ketahui bersama bahwa bahasa alquran adalah menggunakan bahasa arab.

Dari Belajar membaca alquran dan selanjutnya memahami kandungan alquran, tentunya jauh lebih sulit lagi.

Untuk belajar mengaji alquran pastinya memerlukan pengorbanan, pemikiran, motivasi yang konsisten, investasi waktu juga tenaga. Akan tetapi di setiap pengorbanan yang kita lakukan dalam belajar alquran pasti dibalas Allah SWT dengan pahala yang berlimpah.

Lusruskan niat dalam belajar dan nikmati prosesnya ! Belajar mengaji alquran tidaklah seseram yang kita fikirkan.

Jika kita benar-benar belum dapat membaca Al-Qur’an dengan baik yaitu sesuai dengan tajwid, tidak perlu berkecil hati, tidak perlu minder karena, membaca ayat-ayat Al-Qur’an dapat dipelajari dengan mudah dan cepat.

Allah sendiri yang menjamin dalam surat Al-Qamar (54) ayat 17

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Alquran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran ?

Al-Qamar : 17

Sebaiknya kita memiliki guru mengaji yang mengajarkan cara membaca Alquran ini, dan kalau belum memiliki kesempatan, paling tidak kita mengetahui tahapan belajar alquran dengan benar.

Tahapan Belajar alaquran :

  1. Niat yang kuat unntuk belajar dan investasikan waktu untuk belajar
  2. Carilah Guru Mengaji
  3. Belajar dan Menghafal Huruf hijaiyah
  4. Belajar Tanda Baca Alquran dan Tajwid Alquran
  5. Belajar Membaca huruf hijaiyah sambung (belajar kata atau kalimat pendek)
  6. Belajar Kalimat dalam alquran
  7. Praktek dan Konsisten

Bagaimana Tahapan belajar membaca alquran ?

1. Meluangkan Waktu untuk belajar Membaca Alquran

Tidak ada kata terlambat untuk belajar mengaji alquran, Jangan waktu yang ada, Siapkan dan alokasikan waktu terbaik kita untuk belajar mengaji Al-Qur’an. Kesungguhan dalam meluangkan waktu khusus untuk belajar membaca Al-Qur’an menjadi salah satu kunci agar kita bisa baca alquran dengan cepat.

Ayo … buat time line nya ..

Kebanyakan orang hanya memberikan waktu sisa dalam belajar membaca alquran ini, jika demikian menyebabkan kita tidak akan pernah bisa belajar Alqur’an. Jadi …Jangan sampai kita hanya memberikan waktu sisa dalam mempelajari kitab suci ini.

Segera luangkan waktu dan susun agenda kegiatan kita.

2. Carilah Guru Mengaji

Setelah memiliki waktu belajar selanjutnya adalah memiliki guru yang dapat membantu menguasai cara membaca Al-Qur’an. Karena untuk dapat membaca alquran memerlukan proses. Kita dapat mengundang guru mengaji untuk mengajarkan baca alquran secara privat.

belajar membaca alquran
belajar membaca alquran

 

Jika kita ingin belajar alquran secara otodidak atau mandiri sebenarnya sangat memungkinkan, karena sekarang ini sudah banyak panduan membaca alquran misal dari vidio belajar ataupun dari youtube.

Permasalahan utama belajar alquran otodidak adalah tidak ada yang mengkoreksi jika bacaan kita salah, walaupun tidak harus ada seseorang yang mengkoreksi bacaan alquran kita.

Dengah kata lain,

Kita bisa membandingkan bacaan alquran yang kita pelajari dengan pelajaran yang sampaikan seorang ustad di media internet semisal youtube.

3.  Mampu Membaca Huruf Hijaiyah

Bahasa alquran adalah berbahasa Arab, yang huruf nya dikenal dengan huruf hiaiyah. Tentunya kita harus bisa membaca huruf hijaiyyah yang berjumlah 28 huruf karena ini adalah suatu hal yang mendasar. Sama seperti jika kita hendak belajar membaca bahasa indonesia.

Alangkah baik nya pada tahap ini kita memiliki buku iqro alquran.

belajar mengaji alquran
belajar mengaji alquran

Jika kita mengetahui dan bisa membaca 28 huruf hijaiyyah dengan benar, maka ini bisa modal utama kita untuk bisa membaca Al-Qur’an, karena isi Al-Qur’an adalah bacaan yang tersusun dari 28 huruf hijaiyyah. Baca artikel tentang cara membaca huruf hijaiyah di sini.

Kita juga dapat memanfaatkan flash card untuk menghafal huruf-huruf hijaiyah ini. Walaupun dri segi desain, flash card ini cocok untuk anak-anak akan tetapi bagi yang sudah dewasapun tidak ada masalah. Flash card inijuga cocok untuk  oarang yang belajar membaca alquran secara mandiri ( otodidak ).

Flash Card Huruf Hijaiyah

Download flash card berupa gambar belajar baca huruf hijaiyah
Download

Dengan mengetahui huruf dan cara membaca hijaiyah akan memudahkan kita dalam belajar di tahap tahap berikutnya

4.  Memahami Tanda Baca dalam Alquran

Setelah kita tahu dan paham serta mampu membaca huruf hijaiyyah dengan benar, maka langkah berikutnya adalah mempelajari tanda baca alquran, yaitu fathah, kasrah, sukun, tanwin, dan dhommah.

Tentunya bukan hanya itu saja, ada tanda baca yang terkait dengan panjang pendek membaca alquran, tanda baca terkait dengan cara berhenti dan lainya.

Contoh adalah tanda baca cara berhenti seperti gambar diawah ini.

belajar membaca alquran
belajar membaca alquran

Sama seperti belajar berbahasa indonesia, tanda baca yang disebutkan tadi mirip dengan huruf vokal yang ada pada bahasa indonesia.

5.  Memahami dasar dasar Tajwid

Untuk pemula memahami tajwid kadang menjadi kendala terberat dalam belajar baca alquran, Akan tetapi bukan berarti tidak dapat dipelajari. Baca artikel tentang dasar-dasar tajwid di sini.

Dalam artikel dasar-dasar tajwid ini, anda juga dapat mendownload buku saku tajwid alquran sederhana namun lengkap.

Di dalam tata cara membaca Al-Quran ada banyak tanda tanda baca, ada huruf yang dibaca panjang, mendengung, tebal dan dibaca tipis atau dalam istilah tajwid seperti Mad Arid Lissukun, Mad Wajib Muttasil, dan sebagainya.

belajar membaca alquran
belajar membaca alquran

Tanda-tanda baca alquran ini akan sering kita temukan di dalam Al-Qur’an, untuk memudahkannya saya menyarankan untuk memiliki alquran tajwid, karena tanda tada baca yag ada dibedakan dengan warna warna yang berbeda juga.

Alquran ini sangat cocok untuk belajar alquran pemula.

6. Memahami Teknik Membaca Alquran

Selanjutnya, dalam belajar alquran ini tentunya diperlukan untuk mengetahui dan menguasai teknik membacanya Al-Qur’an, seperti Idgham, Qalqolah, dan lainnya.

Idgham adalah teknik membaca dengung, seperti halnya jika ada huruf hijaiyyah “nun” mati bertemu dengan “Mim”.

Pada tahap ini sangat diperlukan guru pembimbing, atau kita bisa lihat bagaimana ustad-ustad mengajarkan di youtube.

Video Materi belajar membaca alquran, perhatikan makhorijul huruf, panjang dan pendek pengucapan, huruf mati, tasjid dan lai-lain.

Tehnik Belajar Membaca Alquran

Subcribe Channel Belajar Alquran

Dukung kami Untuk Web Yang Lebih Baik
Subcribe

7.  Langkah terakhir adalah ACTION

Tips terakhir adalah praktekan sekarang juga. Buatlah jadwal harian membaca alquran. Misal sebelum sholat shubuh atau setelah sholat magrib. Karena sesungguhnya seseorang tidak akan bisa membaca alquran dengan fasih jika tidak pernah mempraktikkannya.

Bacalah Alquran secara rutin, sebelum masuk waktu subuh, setelah subuh atau setelah maghrib. Biasanya waktu-waktu ini sangat bagus untuk membaca dan mentadabburi Al-Qur’an juga tentunya belajar alquran.

Bersabarlah dalam mempelajari Al-Qur’an, baca juga buku buku yang dapat memotivasi kita dalam belajar mengaji alquran. Semoga Allah memberikan kita kekuatan untuk bersabar dalam belajar membaca alquran ini.

Belum bisa baca Alquran ?

Bagaimana cara belajar alquran secara mandiri ? Dengan panduan yang benar insya Allah kita bisa membaca alquran.
Click Disini
Mohon Berikan Penilaian

0 / 5 0
Gravatar Image
Assalamu'alaikum, Menjual paket belajar membaca Alquran metode RUBAIYAT. Insya Allah BISA membaca Alquran lebih cepat. Kunjungi menu PRODUK di web kami - CP : 085717616596

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *