Belajar Mengaji Alquran Mudah Untuk Dewasa

Belajar Mengaji Alquran

Belajaralquran.id – Belajar mengaji alquran atau belajar membaca alquran bagi seorang muslim adalah sebuah kewajiban. Khususnya bagi seseorang yang telah dewasa.

Karena membaca alquran telah diperintahkan Allah swt dalam banyak ayat di dalam alquran, oleh karena itu belajar alquran dengan baik dan atau dengan kata lain belajar membaca alquran sesuai tajwid juga menjadi keharusan. Jadi ,  Diperlukan kemauan dan motivasi membaca al quran yang kuat  agar kita bisa konsisten untuk bersemangat belajar alquran.

Belajar Mengaji Alquran Untuk Anak Anak

belajar mengaji alquran

belajar mengaji alquran

Sesuai dengan teori pendidikan bahwa belajar yang dilakukan sedari kecil ini menjadi penting. Oleh karena itu pendidikan mengaji di usia dini perlu menjadi perhatian para orang tua.

Orang tua perlu membantu memberikan perhatian untuk  belajar membaca alquran untuk anak.

Ini sebenarnya motivasi bagi saya juga, karena alhamdulillah sekarang ini saya telah dikarunia 5 orang anak putra dan putri.

Tentunya para orang tua muslim berharap agar anak anak nya kelak adalah orang yang pandai mengaji atau membaca alquran.

Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari.

Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia.

Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya,

“Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” (HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani

Bimbingan belajar membaca alquran yang dilakukan oleh orang tuanya, tentunya akan sangat membekas dalam hati dan fikiran anak anak kita.

Pemahaman serta ilmu yang diwariskan kepada generasi kita berikutnya akan menjadi catatan amal kebaikan yang tidak akan terputus.

 Selama anak kita atau anak didik kita membaca alquran , selama itu pula akan diterima pahala akan senantiasa mengalir bagi orang tua atau guru nya.

Belajar Mengaji Alquran Untuk Orang Dewasa

Berbeda halnya dengan anak-anak. Bagi orang dewasa yang belum bisa mengaji alquran kadang merupakan sebuah permasalahan.

Ada perasaan berat atau juga frustasi karena merasa kesulitan untuk belajar.

Akan tetapi kembali kepada motivasi awal kita untuk bisa baca alquran, yaitu mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT.

Permasalahan belajar membaca Alquran

Bagi orang dewasa dalam belajar mengaji atau belajar membaca alquran mungkin ada beberapa kendala atau permasalahan permasalahan, diantaranya :

1.Kesibukan kerja

Dengan kesibukan bekerja, mencari nafkah bagi ayah, atau kesibukan mengurus rumah tangga, kadang menjadi alasan untuk tidak bisa belajar membaca alquran. Biasanya setelah bekerja, menjadi tidak bisa berkonsentrasi untuk belajar. Menurut saya, selain kesungguhan diperlukan juga sedikit manajemen waktu kita.

Kita bisa manfaatkan waktu waktu luang yang ada. Misal setelah sholat shubuh, setelah jam istirahat makan siang kita bisa luangkan waktu 10 atau 15 menit. Jam setelah sholat isya, menjelang tidur juga bisa kita manfaatkan dengan maksimal untuk belajar mengaji alquran ini.

2. Malu Untuk Belajar

Ini adalah tantangan kedua, bagi orang dewasa yang akan belajar mengaji. Kadang kita merasa malu untuk berguru pada seorang guru ngaji. Rasa nya kita perlu merenungi kembali hadis rosulullah

Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan faqihkan ia dalam masalah agama (ini). (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Jangan malu belajar, karena mungkin saja Allah ingin memberikan jalan kebaikan bagi kita.

3. Merasa sudah tua untuk belajar

Ada pameo, bahwa orang tua itu sulit belajar. Pikun, susah menghafal dan mudah sekali lupa. Rasa nya kita perlu melihat orentasi kita dalam belajar mengaji ini.

Jika kita ber orientasi untuk mendapatkan pahala dan ridho Allah, maka setiap tahapan dalam proses belajar menjadi pahala yang besar bagi kita.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah,

adapun yang membaca Al Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala”.
(HR. Muslim)

Maka bagi kita yang bacaan qur’an.nya belum bagus, jangan berkecil hati! Justru Rasulullah SAW menyanjung kita, Ketahuilah, bahwa  ALLAH ITU MAHA PEMURAH  . Kita malah di iming2i dapet dua pahala.

Adapun dua pahala bagi muslim yang bacaannya terbata-bata itu merupakan hiburan agar kita terus rajin membaca walaupun masih terbata-bata karena.

Allah tidak akan menyia-nyiakan kesulitan upaya kita dalam membaca.

Metode yang tepat untuk belajar mengaji al quran

Sekarang ini telah banyak  metode belajar membaca alquran , baik bagi anak-anak ataupun bagi orang dewasa. Kita tinggal memilih yang paling tepat dan paling memungkinkan untuk bisa dipelajari.

Methode yang baik bagi anak anak belum tentu baik bagi orang dewasa. Begitupun sebaliknya. Akan tetapi tentunya akan lebih baik lagi jika methode ini bisa digunakan bagi anak anak ataupun orang dewasa.

Untuk yang belum mengenal hurup hijaiyah, bisa baca artikel tentang huruf hijaiyah dan cara bacanya

Metode belajar mengaji Rubaiyat

Rubaiyat adalah sebuah metode Belajar Al-qur’an yang dirancang oleh Ust. Hamim Thohari, B.IRKH (Hons) .

Kata “rubaiyat” berasal dari bahasa Arab yang artinya “serba empat”, karena dalam RUBAIYAT ini ada 4 tahapan belajar Al-qur’an, yaitu:

  1. Bisa Baca Al-qur’an,
  2. Lancar Baca Al-qur’an,
  3. Hafal Al-qur’an dan
  4. Faham Al-qur’an.

Dengan metode Rubaiyat, Anda bisa membaca Al-qur’an hanya dalam 4 Pertemuan & 4 Pelajaran.

 1 pertemuan butuh 1 jam saja , maka dengan metode Rubaiyat hanya butuh 4 jam untuk bisa membaca Al-qur’an

Menikmati Belajar mengaji alquran

 

belajar mengaji

belajar mengaji alquran

Tidak ada pernah ada kata terlambat untuk senantiasa belajar mengaji alquran.

Seperti kata pepatah “ menuntut ilmu dari buaian hingga ke liang lahat “. Jangan terlalu ber orientasi kepada hasil, walau hasil akhir itu penting. Tapi juga kita bisa menikmati proses belajar mengaji al quran.

Catatan dari seorang tua dalam membaca Alquran

Setiap tahapan, setiap proses dalam belajar akan mendatangkan pahala yang berlimpah jika diniatkan dengan hati yang tulus dan benar. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjuk bagi kita semua

Informasi lebih lanjut tentang metode ini bisa kita lihat web resmi nya di sini

Sahabat sahabat belajaralquran.id Baca juga artikel lainya tentang bukti kebenaran alquran. Kalau artikel ini bermanfaat tolong bantu share ya..

 

Belajar Alquran | Rubaiyat | Metode Rubaiyat | Tajwid | Mengaji |

Saling Berbagi dalam kebaikan

Silahkan Komentar Disini

Dapatkan Paket Belajar Alquran Metode RUBAIYAT

Cara Belajar Baca Alquran Dengan Mudah & Menyenangkan
 

close-link

Bantu Sharing Ya ...

Semoga Berkah dan Jadi Pahala
close-link