Doa Setelah Adzan Sesuai Sunah Nabi

Posted on

Sahabat belajaralquran.id pada artikel kali ini saya tuliskan bacaan doa setelah adzan atau doa setelah mendengar adzan yang dikumandangkan. Seperti yang kita pahami bersama kumandang adzan biasa dilakukan ketika memasuki waktu sholat.

Akan tetapi, ada adzan yang tidak terkait dengan sholat, misalnya kumandang adzan kepada bayi yang baru dilahirkan, atau juga ada sebagian kaum muslimin yang mengumandangkan adzan saat akan menguburkan jenazah.

Namun pada kesempatan ini, doa setelah adzan yang dimaksud adalah adzan panggilan sholat.

Doa Setelah Adzan Lengkap Bacaan Latin Arab Artinya feature
Doa Setelah Adzan Lengkap Bacaan Latin Arab Artinya

Dalil Membaca Doa Setelah Mendengar suara Adzan

Dalil doa setelah adzan ini adalah hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Doa Setelah Adzan Sesuai Sunnah dan Artinya

 Yang Artinya :

“Barangsiapa yang setelah mendengar adzan mengucapkan: Allaahumma robba haadzihid da’watit taaammah. Wash sholaatil qoo-imah, aati Muhammadanil wasiilata wal fadhiilah, wab-‘ats-hu maqoomam-mahmuudanilla-dzii wa ‘ad-tah [Ya Allah, Rabb pemilik seruan yang sempurna ini. Dan sholat yang didirikan. Berikanlah kepada Nabi Muhammad wasilah (kedudukan yang tinggi), dan fadhilah (kedudukan lain yang mulia). Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati maqom (kedudukan) terpuji yang telah Engkau janjikan padanya], maka dia (yang mengucapkan doa ini) akan mendapatkan syafa’atku kelak.”

(HR. al-Bukhari no. 614)

Doa Setelah Mendengar Adzan

Adapun doa setelah adzan adalah sebagai berikut :

Doa Setelah Adzan Lengkap Bacaan Latin Arab Artinya
Doa Lengkap dan Bacaan Latin Arab Artinya

Bacaan Doa adzan Huruf Latin

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz.”

Arti Bacaan Doa

“Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.”

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Adapun, keistimewaan doa setelah mendengarkan kumandang adzan berdasarkan sebuah hadist yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdullah Ra, bahwasannya Rasulullah telah bersabda:

Barang siapa ketika mendengar adzan lalu mengucapkan (doa setelah adzan), maka masuklah syafaatku baginya di hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Syafaat nabi Muhammad berarti pertolongan beliau untuk umatnya kelak di hari kiamat. Syafaat Rasulullah di hari kiamat ada banyak macamnya..

Diantaranya adalah syafaat beliau untuk menanggung dosa-dosa dari umatnya agar mendapat pengampunan dari Allah. Safaat beliau untuk memasukkan surga dengan tanpa hisab. Dan syafaat beliau untuk meninggikan derajat setiap orang, sesuai dengan yang pantas baginya.

Demikianlah artikel tentang doa setelah mendengar suara Adzan, semoga ini dapat memotivasi kita semua untuk senantiasa membiasakan membaca doa tersebut.

Semoga Allah memberi kemudahan untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *