Belajar Huruf Hijaiyah Untuk Anak

Posted on

Last Updated on August 18, 2020 by Angi Permana

Belajar huruf hijaiyah untuk anak – Sebagai dasar pelajaran alquran bisa dimulai dengan pelajaran untuk memahami huruf hijaiyah asli, hijaiyah fathah, kasroh, dhommah dan hijaiyah tanwin Pelajar ini adalah salah satu kewajiban orang tua dalam memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anaknya.

Dan tentunya sebagai orang tua menginginkan anaknya menjadi anak yang baik, berbakti kepada orang tua dan terutama menjadi anak yang sholeh dan sholehah. termasuk belajar alquran. Karena alquran adalah sumber hukum sebagai pedoman hidup seorang muslim.

huruf hijaiyah anak warna dan lucu

Untuk membantu memberikan pelajaran alquran kepada anak-anak, khususnya dalam memahami huruf-huruf hijaiyah maka pada artikel kali ini dijelaskan tentang huruf hijaiyah. Huruf hijiyah ini dibuat dengan gambar menarik, dengan warna-warna sehingga sangat cocok untuk anak-anak.

Huruf hijaiyah ini juga dapat dijadikan flash card, sehingga dalam mengajarkan huruf hijaiyah dapat dilakukan sambil bermain.

Huruf hijaiyah anak warna alif, ba, ta, tsa

Berikut ini adalah huruf hijaiyah atau disebut juga sebagai huruf asli bahasa arab. Huruf hijaiyah ada 28 buah, huruf hijaiyah ini sebagai dasar dalam mempelajari huruf alquran, oleh karena itu huruf hijaiyah ini harus dihafalkan.

huruf hijaiyah anak

Huruf hijaiyah fathah

Huruf hijaiyah fathah adalah huruf hijaiyah yang diberi tanda garis di atas huruf-huruf hijaiyah. Jika garis itu di atas maka dibaca berfonem “a”. Contoh huruf hijaiyah pertama yaitu huruf “alif”, setelah diberi garis fathah menjadi  dibaca “a”.

Begitu pula dengan huruf-huruf hijaiyah yang lain, sehingga seperti gambar dibawah ini.

huruf hijaiyah fathah anak

Huruf hijaiyah anak a i u

Huruf hijaiyah pada gambar dibawah ini adalah huruf-huruf hijaiyah yang telah diberi tanda fathah, kasroh dan dhommah.

Dimana :

  • Fathah yaitu di beri tanda “garis” diatas huruf, dibaca dengan fonem “a”
  • Kasroh yaitu diberi tanda “garis” di bawah, huruf dibaca dengan fonem “i”
  • Dhommah yaitu diberi tanda “wau kecil” di atas. dibaca dengan fonem “u”

huruf hijaiyah anak a i u

Huruf hijayah anak an in un

Berikutnya adalah huruf hijaiyah tanwin, dimana tanda nya mirip dengan huruf yang diberi  fathah, kasroh dan dhomah hanya dengan tanda tanwin ini memiliki 2 buah tanda.

Misal huruf hijaiyah “alif”, setelah di beri tanda “fathah tanwin” maka dibaca “an”. Untuk lebih lengkapnya bisa lihat gambar dibawah ini.

 

huruf hijaiyah anak tanwin an in un

Flash Card Huruf Hijaiyah Anak

Sahabat belajaralquran.id kalau ingin mendapatkan gambar pelajaran huruf hijaiyah dalam resolusi yang lebih besar, sehingga dapat di print dengan kualitas yang lebih baik, silahkan untuk download.

Huruf Hijaiyah Anak

Download flash card berupa gambar belajar baca huruf hijaiyah anak
Download

Kesimpulan

Demikianlah pelajaran membaca huruf hijaiyah anak, pelajaran penting selanjutnya adalah memahami panjang pendek pembacaan huruf hijaiyah, juga memahami huruf hijaiyah yang disambung. Tapi sebagai dasar, huruf hijayah asli, hijaiyah fathah, kasroh, dhommah dan hijaiyah tanwin sangatlah penting.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon bantuan untuk share artiel ini ya

Huruf Hijaiyah Anak

Gravatar Image
Assalamualaikum, Ayah 5 anak, Belajar Alquran dan Mengajarkan Alquran, Penulis, Berusaha melakukan terbaik. Distributor Metode Rubaiyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *