Mukzizat alquran tentang jenis kelamin

Mukzizat alquran

Belajaralquran.id – Sebagai umat islam kita meyakini akan Mukzizat Alquran atau dalam bahasa keseharian kajaiban al quran. Didalamnya kita akan temukan keindahan bahasa, harmoni dan keselaranya dengan dunia ilmu pengetahuan.

Sehingga siapapun tidak akan  bisa untuk mengelak , bahwa alquran adalah sebuah kebenaran dan merupakan wahyu yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad SAW sekaligus  sebagai hujjah (bukti kebenaran) bagi seluruh manusia. Oleh karena itusering dikatakan bahwa alquran adalah mukzizat terbesar nabi Muhammad SAW.

Mukzizat alquran salah satunya kita dapatkan dalam proses penciptaaan manusia. Sebelumnya, manusia meyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh seorang ibu.

Oleh karena itu Penduduk Arab di jaman jahiliyah, seorang suami akan marah kepada istrinya jika istri mereka melahirkan seorang bayi perempuan.

Ada pula sebagian orang yang percaya bahwa jenis kelamin manuasia ditentukan secara bersama oleh sel-sel lelaki dan perempuan.

Dalam perkembangan nya, setelah dunia ilmu pengetahuan semakin maju akhirnya terungkap bahwa jenis kelamin manusia ditentukan oleh pihak laki-laki.

Ilmu pengetahuan modern menjelaskan bahwa  kromosom Y membawa sifat-sifat kelelakian , sedangkan  kromosom X berisi sifat-sifat kewanitaan  dan didalam sel telur ibu hanya dijumpai kromosom X, yang menentukan sifat-sifat kewanitaan.

Sedangkan di dalam sperma ayah, terdapat sperma-sperma yang berisi kromosom X atau kromosom Y saja.

Ternyata, Jenis kelamin bayi bergantung pada jenis kromosom kelamin pada sperma yang membuahi sel telur, apakah X atau Y.

Cabang-cabang ilmu pengetahuan yang berkembang, seperti genetika dan biologi molekuler telah membuktikan dan membenarkan secara ilmiah fakta ini.

Kini diketahui bahwa jenis kelamin ditentukan oleh sel-sel sperma dari tubuh pria, dan bahwa wanita tidak berperan dalam proses penentuan jenis kelamin ini.

Kromosom adalah unsur utama dalam penentuan jenis kelamin. Dua dari 46 kromosom yang menentukan bentuk seorang manusia diketahui sebagai kromosom kelamin.

Dua kromosom ini disebut “XY” pada pria, dan “XX” pada wanita.

 

kromosom x dan y pada sperma

kromosom x dan y pada sperma

Penamaan ini didasarkan pada bentuk kromosom tersebut yang menyerupai bentuk huruf-huruf ini. Kromosom Y membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kelelakian, sedangkan kromosom X membawa gen-gen yang mengkode sifat-sifat kewanitaan.

Pengetahuan tentang penentuan jenis kelamin bayi ini dapat diketahui hingga ditemukannya ilmu genetika pada abad ke-20.

Bahkan di banyak masyarakat, diyakini bahwa jenis kelamin bayi ditentukan oleh pihak wanita. Inilah mengapa kaum wanita dipersalahkan ketika mereka melahirkan bayi perempuan.

Penjelasan Akan Mukzizat Alquran

Namun, tiga belas abad sebelum penemuan gen manusia, Alquran telah mengungkapkan informasi yang menghapuskan keyakinan takhayul ini, dan menyatakan bahwa wanita bukanlah penentu jenis kelamin bayi, akan tetapi air mani dari pria.

Jauh sebelum ilmu pengetahuan mengetahui tentang rahasia jenis kelamin bayi, pada abad ke-7 M, Alquran telah memberi tahu bahwa jenis kelamin laki-laki atau perempuan diciptakan “dari air mani apabila dipancarkan”

mukzizat alquran

pembuahan sel telur

 

Allah berfirman dalam surah An-Najm [53] ayat 45-46:

Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita, dari air mani, apabila dipancarkan

dalam ayat yang lain

Bukankah dia dahulu setetes mani yang ditumpahkan (ke dalam rahim), kemudian mani itu menjadi segumpal darah, lalu Allah menciptakannya, dan menyempurnakannya, lalu Allah menjadikan daripadanya sepasang: laki-laki dan perempuan,” Surah Al-Qiyamah Ayat 37-39
.

Akhirnya, kita hanya bisa bertasbih memuji Allah yang telah menurunkan Alquran sebagai petunjuk bagi orang-orang beriman.

Dan kita semakin yakin dengan mukzizat Alquran. Dan kita semua semakin tertantang untuk bisa memahami alquran lebih jauh, menyelami-makna maknanya serta mentadaburinya .

 Oleh karena itu jangan biarkan kita lalai dan melupakan Alquran .

Karena itu belajar alquran menjadi sangat penting dalam kehidupan kita. Ada kalanya kita merasakan kesulitan untuk belajar alquran ini, temukan tantangan dan solusi dalam belajar mengaji alquran di sini.

 

 

Saling Berbagi dalam kebaikan

Silahkan Komentar Disini

Dapatkan Paket Belajar Alquran Metode RUBAIYAT

Cara Belajar Baca Alquran Dengan Mudah & Menyenangkan
 

close-link