Bagaimanakah Aqidah Salaf Terhadap Al-Qur’an ?

Posted on

Pertanyaan

Kami ingin mengetahui aqidah salaf terhadap Al-Qur’an ?

Jawaban

Segala puji hanya milik Allah semata,

Aqidah salaf  berkaitan dengan Al-Qur’an sebagaimana aqidah mereka berkaitan dengan seluruh Nama-nama dan Sifat-sifat Allah. Yang dibangun atas landasan Al-Qur’an, Sunnah Rasulullah sallallahu’alahi wasallam.

Dan kita semua telah mengetahuinya bahwa Allah mensifati Al-Qur’an adalah Kalam-Nya. Ia turun dari-Nya.

Allah berfirman :

Dan jika seorang di antara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar Kalam Allah, kemudian antarkanlah ia ke tempat yang aman baginya

At-Taubah : 6

Maksud Kalamullah disini, tidak diragukan lagi adalah Al-Qur’an.

Firman Allah yang lain :

Sesungguhnya Al Qur’an ini menjelaskan kepada Bani Israel sebahagian besar dari (perkara-perkara) yang mereka berselisih tentangnya

An-Naml : 76.

Jadi Al-Qur’an adalah Kalamullah Lafadz dan Maknanya, Allah berfrman, kemudian disampaikan kepada jibril yang jujur, kemudian diturunkan jibril ke dalam hati Nabi Muhammad sallallahu’alaihi wasallam supaya menjadi pengingat dengan memakai bahasa Arab yang jelas.

Ulama’ salaf meyakini bahwa Al-Qur’an itu diturunkan. Allah menurunkan kepada Muhammad sallallahu’alaihi wasallam secara berkala dalam rentang waktu dua puluh tiga tahun yang terkandung hikmah di dalamnya.

Kemudian turunnya terkadang tanpa sebab dan terkadang pula dengan sebab.

Maksudnya sebagian ada yang diturunkan dikarenakan sebab tertentu sehingga diturunkannya suatu ayat. Dan sebagian lainnya tanpa ada sebab, sebagian lagi menceritakan tentang keadaan Nabi dan Shahabatnya yang telah berlalu, sebagian lagi turun berkaitan dengan hukum syareat sebagaimana yang disebutkan ahli ilmu dalam bidang ini.

Kemudian ulama’ Salaf juga mengatakan :

Bahwa Al-Qur’an datang pertama kali dari Allah kemudian kepada-Nya nanti akan kembali di akhir zaman.

Inilah pendapat ulama’ Salaf mengenai Al-Qur’an.

Dan kitapun tahu bahwa Allah memberikan sifat terhadap Al-Qur’an dengan sifat-sifat yang agung, disifati Al-Qur’an Bijaksana, Mulia, Agung, Tinggi.

Ini adalah sifat-sifat yang Allah sifati Kalam-Nya bagi orang yang berpegang teguh dengan Kitab ini. Mengamalkannya lahir batin, maka Allah akan menjadikan dia mendapatkan ketinggian, keagungan, kebijaksanaan, kemulyaan dan kekuasaan yang tidak diberikan bagi orang yang tidak berpegang teguh terhadap AL-Qur’an ini.

Oleh karena bagi  umat Islam baik itu  para Penguasa dan rakyat, para Ulama dan orang awam untuk berpegang teguhlah dengan Kitabullah Azza wajalla secara lahir batin agar mendapatkan baginya kemulyaan, kebahagiaan, ketinggian dan menang di belahan bumi timur dan barat “.

Fadhilah As-Syekh Ibnu Utsaimin rahimahullah .

Gravatar Image
Assalamualaikum, Ayah 5 anak, Belajar Alquran dan Mengajarkan Alquran, Penulis, Berusaha melakukan terbaik. Distributor Metode Rubaiyat