10 Hadis Pendidikan Anak

10 Hadis Pendidikan Anak – Anak mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya. Saat ini, sangat sulit untuk mengkondisikan anak-anak kita ke lingkungan Islam yang ideal mengingat pengaruh dari media, teman dan bahkan anggota keluarga lainnya.

 

Dengan televisi, radio, internet dan bentuk media yang kebanyakan menggembar-gemborkan nilai-nilai yang tidak Islami, sehingga menjadi tugas orang tua, guru dan orang dewasa yang dekat dengan anak-anak untuk memberikan contoh yang benar.

Saat ini rasanya mustahil untuk melindungi anak-anak kita dari semua kekuatan negatif yang dapat mempengaruhi pikiran mereka yang pada ujungnya kpkiran negatif ini pada tampil pada perilaku mereka.

Namun, dengan tauladan kita sendiri dan menunjukkan kepada mereka pilihan yang lebih baik, kita dapat mengarahkan mereka ke jalan yang benar, yaitu mematuhi perintah Allah (SWT) dan Nabi Suci kita Muhammad SAW.

Orang tua harus sadar dan berperan aktif dalam membimbing anak dan keluarganya di jalan kebenaran.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Setiap orang (umat) Anda bertanggung jawab, dan setiap orang bertanggung jawab atas apa pun yang berada di bawah tanggung jawabnya. Seorang laki-laki seperti gembala bagi keluarganya sendiri, dan dia bertanggung jawab atas mereka”

(Bukhari dan Muslim).

10 Hadis Pendidikan Anak

10 Hadis Pendidikan Anak

Berikut ini adalah sepuluh hadits indah yang akan menginspirasi anak-anak Anda dan mengajarkan mereka pelajaran penting untuk masa depan.

Hadis Tentang Niat

Dari Umar ibn Al-Khattab yang berkata:

“Saya mendengar Rasulullah bersabda, “(Pahala) amal, tergantung niatnya dan setiap orang akan mendapatkan pahala sesuai dengan niatnya. Maka barang siapa berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya dianggap karena Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa berhijrah karena keuntungan duniawi atau karena seorang wanita untuk dinikahi, maka hijrahnya dianggap sebagai Untuk apa dia berhijrah.”

(Bukhori dan Muslim)

Hadis Tentang Rukun Islam

Dari Abu Abdul Rahmaan Abdullah (r), putra Umar ibn al-Kattaab (r) yang berkata:

Saya mendengar Rasulullah bersabda: ‘Islam dibangun di atas lima [pilar]: bersaksi bahwa tidak ada Berhak disembah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, naik haji ke Baitullah, dan berpuasa di bulan Ramadhan.’

(Bukhori dan Muslim)

 

Hadis Tentang Menyebut Nama Allah

10 Hadis Pendidikan Anak

Dari  ‘Umar bin Abu Salamah yang melaporkan:

Rasulullah bersabda kepadaku,

“Sebutlah Nama Allah (yaitu, ucapkan Bismillah sebelum mulai makan), makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari apa yang ada di dekatmu.”

(Bukhori dan Muslim)

Hadits Tentang Mimpi Buruk

Dari Abu Qatada yang berkata,

Nabi bersabda,

Mimpi yang baik berasal dari Allah, dan mimpi yang buruk atau buruk berasal dari Setan; Maka jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi buruk yang membuatnya takut, maka hendaklah ia meludahi sebelah kirinya dan berlindung kepada Allah dari kejahatannya, karena itu tidak akan membahayakannya.

(Bukhori)

 

Hindari menyakiti umat Islam lainnya

10 Hadis Pendidikan Anak

Dari Abu Musa Al-Asy’ari yang melaporkan:

Saya bertanya kepada Rasulullah:

Siapakah yang paling baik di antara kaum Muslimin?” Dia berkata, “Yang darinya orang-orang Muslim yang lain aman dari lidah dan tangannya.

(Bukhori dan Muslim)

Hadis Larangan Berdusta

Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Nabi  bersabda,

Kebenaran membawa ketakwaan dan kesalehan mengarah ke Jannah. Seseorang tetap berbicara kebenaran sampai dia terdaftar di sisi Allah sebagai orang yang benar. Kebohongan membawa keburukan dan keburukan membawa ke Neraka, dan seseorang terus berbohong sampai dia terdaftar sebagai pembohong.”

Larangan durhaka kepada orang tua

Dari Abu Bakar yang berkata, “Rasulullah bersabda,

Maukah aku memberitahumu tentang dosa besar yang terbesar?’ [tiga kali] Mereka berkata, ‘Tentu saja ya Rasulullah!’ Dia berkata, ‘menyekutukan Allah, durhaka kepada orang tua – lalu dia duduk, berbaring – dan pernyataan yang salah.’ Dia terus mengulanginya sampai saya berkata, ‘kalau saja dia mau berhenti’”

(Sahih, Ghayah al-Maram)

Melawan kesombongan

DariAbu Hurairah yang meriwayatkan bahwa Rasulullah  bersabda

“Allah tidak melihat sosok Anda, atau pakaian Anda, tetapi Dia melihat hati [dan perbuatan] Anda.”

(Muslim)

Kesopanan

Dari Abu Darr yang melaporkan bahwa Rasulullah  bersabda,

“Jangan meremehkan suatu kebaikan (sekecil apapun kelihatannya) meskipun itu adalah pertemuanmu dengan saudaramu (Muslim) dengan wajah ceria.”

(Muslim)

Hadis Pendidikan Anak

Cinta untuk orang lain

Atas otoritas Anas bin Malik yang meriwayatkan bahwa Nabi  bersabda:

“Tidak beriman salah seorang di antara kamu sampai dia menginginkan untuk saudaranya apa yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.”

(Bukhori dan Muslim)

Demikianlah 10 hadis pendidikan anak semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua

Apakah Artikel ini brmanfaat?

Berikan Penilaian

Rate Rata-rata 5 / 5. Dari 101

Kamu Belum berikan Rating ya