7 Surat Paling Penting Untuk Dihafalkan

Surat Paling Penting Untuk Dihafalkan – Dengan 114 surat dalam Alquran, dimana masing-masing memiliki kepentingannya sendiri. Setiap Surat Al-Qur’an memiliki makna dengan caranya sendiri.

Beberapa dari ayat alquran akan membimbing Anda tentang hak-hak keluarga sementara yang lain mungkin mengajari Anda tentang dasar-dasar Islam.

Namun, beberapa ayatdan surat lebih menonjol daripada yang lain karena sejumlah alasan. Meskipun Anda harus dan membaca seluruh Quran, dalam hal menghafal, Anda mungkin menjadi sedikit pemilih. Jadi Anda mungkin mencari surah yang paling penting untuk dihafal.

7 Surat Paling Penting Untuk Dihafalkan
7 Surat Paling Penting Untuk Dihafalkan

Ketika datang untuk belajar alquran baik offline maupun online yang menawarkan berbagai jenis kursus menghafal Quran. Anda dapat memilih untuk menghafal 30 juz Al-Qur’an atau sebagian saja.

Mungkin Anda mencoba untuk menghafal surat atau juz tertentu, mungkin ingin mengetahui surah yang paling mudah untuk dihafal.

Jadi mari kita mulai selangkah demi langkah.

Surah Paling Penting Untuk Dihafal

Jika Anda mencari surah yang paling penting untuk dihafal, berikut adalah beberapa di antaranya.

1) Surat Al Fatihah

Ini adalah awal dan surah terbesar dari Al Qur’an. Ada tujuh ayat, dan yang paling banyak dibaca dalam Al-Qur’an adalah Surah. Sangat penting bahwa setiap nama mencerminkan artinya.

Fatihah artinya permulaan. Ini adalah surah pertama dan sangat penting sehingga Anda harus membacanya di setiap sholat. Jadi jika Anda mencari surah yang mudah dihafal untuk sholat, Surah Al-Fatihah adalah yang pertama.

2) Surat Al-Kahfi

Surah Al-Qur’an ke-18, yang berisi 110 ayat, juga merupakan salah satu surah Al-Qur’an yang paling penting. Nabi (saw) berkata:

Siapa yang membaca surat AlKahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad)

Dalam hadis lainnya

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Dalam hadis lainnya

Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

Oleh karenanya, Anda harus menghafal Surah Kahfi  sebagai salah satu surat alquran yang penting untuk dahafalkan.

3) Surat Al-Kafirun

Jika Anda mencari Surah yang mudah dihafal, Surah Al-Kafiroon adalah salah satu yang paling menonjol. Ini adalah surah Makkiyyah dengan 6 ayat dan ditempatkan di Para Nomor 30. Ini adalah salah satu surat terpendek dari Al-Qur’an.

Jika seorang muslim rutin membaca surat Al Kafirun terutama saat sebelum tidur maka dirinya akan terbebas dari kemusyrikan. Seperti dalam suatu hadis, Rasulullah bersabda:

Bacalah Qul ya Ayyuhal-kafirun kemudian tidurlah di akhirnya, sesungguhnya ayat tersebut membebaskan dari kemusyrikan.” (HR Abu Dawud dari Farwah bin Naufal).

Banyak sekali keutamaan membaca dan membaca surat Al Kafirun. Surah Al-Kafirun adalah salah satu surat dari Quran yang direkomendasikan untuk dibaca selama perjalanan.

Surah Panjang Paling Mudah Untuk Dihafal

7 Surat Paling Penting Untuk Dihafalkan

Ketika datang untuk menghafal surat-surat panjang Al-Qur’an, mereka membutuhkan waktu. Beberapa surat lebih sulit untuk dihafal daripada yang lain.

Namun, ada beberapa surah Al-Qur’an yang mudah untuk dihafal meskipun panjang. Itulah yang akan kami ceritakan kepada Anda. Berikut adalah beberapa surah Al-Quran yang mudah untuk dihafal.

1) Surat Baqarah

Ini adalah Surah terpanjang dari Al-Qur’an. Menghafal total 286 ayat mungkin tampak seperti banyak. Tetapi secara bertahap menghafal surat albaqorah tidaklah menakutkan . Jangan biarkan banyaknya ayat mengganggu semagt dalam menghafal.

Dari Abu Umamah RA, Rasulullah SAW bersabda:

Bacalah Al-Quran karena ia datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya datang di hari kiamat seperti dua awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir”. (Sahih Muslim no. 1337)

Dalam hadit yang dinarasikan dari Abu Mas’Ud, muslim yang rutin membaca Al Baqarah tidak perlu khawatir. Allah SWT akan memberi kecukupan baginya tanpa ada yang terlewat.

“Siapa saja yang membaca dua ayat terakhir dalam Al Baqara pada malam hari, maka itu akan mencukupinya.”

Jika Anda tahu cara menghafal Surah dengan cepat, Anda bisa menghafalnya dengan mudah.

2) Surah Rahman

Ini adalah surah ke-55 dari Al-Qur’an dengan total 78 ayat, dan salah satu yang paling penting dalam hal membaca, membaca, atau menghafal. Berdasarkan klasifikasinya, ini adalah Surat Medina yang artinya diturunkan di Madinah.

Surah Rahman juga menyebutkan beberapa fakta yang dibuktikan oleh para ilmuwan. Hal itulah yang membuat banyak orang penasaran.

Keutamaan bagi siapa saja yang membaca surat Ar-Rahman yaitu akan memperoleh ridha Allah SWT dan semakin dicintai oleh Allah SWT. Rasulullah bersabda dalam tafsir Ats Tsaqolayn;

Barang siapa membaca surat Ar Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

3) Surat Yasin

Disebut sebagai ‘Jantung Al-Qur’an’, Surah Yasin adalah salah satu bab yang paling penting untuk dibaca, dibaca, dan dihafal. Ini adalah surat ke-36 dari Quran yang berisi 83 ayat. Surat.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca bab ini. Meskipun itu bukan Surah yang sangat panjang untuk dihafal, itu yang paling penting.

4) Surat Waqiah

Ini adalah surat ke-56 dari Al-Qur’an dan memiliki 96 ayat di dalamnya. Al-Waqi’a sebenarnya adalah kata Arab yang berarti ‘Yang Tak Terhindarkan’ atau ‘Peristiwa’.

Secara khusus membahas tentang akhirat dan nasib manusia di dalamnya. Surat ini diturunkan 7 tahun sebelum Nabi Suci (S.A.W.W) hijrah ke Madinah.

Demikianlah artikel tentang 7 surat paling penting untuk dihafalkan versi belajaralquran.id semoga menambah semangat untuk terus belajar alquran.

Apakah Artikel ini brmanfaat?

Berikan Penilaian

Rate Rata-rata 5 / 5. Dari 1

Kamu Belum berikan Rating ya