17 Nama Nama Lain Alquran

Nama nama lain alquran – Sahabat belajaralquran.id Al Qur’an, Kalau kita perhatikan di dalam alquran, ternyata Allas SWT memberi sebuta Alquran dengan Banyak Nama Nama. Nama-nama Lain Alquran ini berasal dari ayat-ayat tertentu dalam Al Qur’an itu sendiri yang memakai istilah tertentu untuk merujuk kepada Al Qur’an itu sendiri.

Mengapa kita perlu mempelajari nama lain Alquran ini ? karena dalam setiap perbedaan penyebutan nama Alquran memiliki kandungan yang kaya akan hikmah. Sahabat sahabat alquran id juga bisa menggali hikmah yang ada, tentunya pengambilan hikmah harus merujuk kepada tuntunan Allah dan rosulnya.


Alangkah baiknya juga, sahabat sahabat semua, membaca tafsir alquran nya dari para ulama yang jujur dan terkenal kebaikan dan keluasan ilmunya.  Sehingga kandungan makna dari nama lain alquran tersebut lebih tepat dipahami.

Berikut ini adalah nama-nama lain dari alquran tersebut Adalah sebagai berikut :

Nama lain Alquran

Nama-Nama Lain dari Alquran :

1. Al-Kitab

Alquran disebut juga sebagai Al-Kitab, hal ini disampaikan Allaw SWT dalam Surat Al-Baqoroh ayat ke 2.

Dimana Allah SWT berfirman :

Kitab (Al-Qur’an) ini tidak kehadiran keraguan padanya; petuah untuk mereka yang bertaqwa (QS. Al-Baqarah[2]:2)

nama alquran

Alquran yaitu alkitab

2. Al-Furqan

nama alquran

nama lain alquran yaitu al furqon

Dalam alquran, Allah SWT menyebut alquran sebagai Al Furqon, Apa itu Al-Furqon ?

Al Furqan memiliki arti sebagai pembeda, Dalam hal ini, AL Quran dijadikan sebagai pembeda kehidupan umat islam dari hal-hal mana yang baik dan mana yang tidak serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian,  membaca dan mengamalkan Al Qur’an manusia sudah sewajanya dapat membedakan mana yang Al Haq (yang baik) serta mana yang batil (yang buruk).

Jika manusia telah belajar, membaca, dan memahami Al Qur’an maka seseorang tersebut sudah seharusnya dapat membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Mana jalan yang baik dan mana jalan yang buruk.

Al Furqon Adalah anugrah dari Allah SWT, sehingga orang yang mempelajari, membaca serta mentadabburi diberikan anugrah penglihatan hati dalam membedakan jalan Islam ini.

3. Adz-Dzikr

nama lain alquran

nama alquran yaitu adz zikr

Allaw SWT menyebutkan alquran dengan Adz Dzikra, seperti yang disebutkan dalam Surat Al Hijr ayat ke 9. Adzikra  memiliki arti “sebagai peringatan“, hal tersebut sudah menjadi sifat Al Qur’an sebagai firman Allah SWT.

Al Qur’an sebagai Adz Zikra memiliki arti bahwa sifat Al Qur’an yang akan selalu memberikan peringatan kepada umat manusia dari sifat lupa yang dimiki manusia.

Seperti yang kita pahami, bahwa Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT dengan sifat lupa. Manusia bisa lupa dalam berbagai hal termasuk dalam hubungannya dengan Sang Pencipta, hubungan antara manusia dengan manusia pun bisa lupa dengan tuntutan-tuntutan yang sudah seharusnya dilakukan oleh manusia.

Oleh karena itu, orang-orang yang beriman senantiasa dituntun untuk menjadikan Al Qur’an sebagai pendamping. Selain membaca dan mengamalkan merupakan ibadah.

Al Qur’an juga senantiasa memberikan peringatan kepada manusia mengenai tanggung jawab yang sedang kita emban.

Al Qur’an sebagai Adz Dzikr dijelaskan oleh Allah SWT dalam firman-Nya di dalam Al Qur’an surat Al Hijr ayat 9 yang artinya “Sesungguhnya Kamilah yang telah menurunkan Adz Zikra (yakni Al Qur’an) dan Kamilah pula yang akan memeliharanya (Al Qur’an)”

3. Al-Mau’idhah

nama lain alquran

nama alquran al mau’idah

Nama alquran lainya adalah Al Mau’izhah yang memiliki arti sebagai “pengajaran atau nasihat“. Al Qur’an sebagai Al Mau’izhah diturunkan sebagai untuk berbagai keperluan dan kegunaan bagi seluruh  umat manusia.

Sesungguhnya, manusia akan senantiasa membutuhkan pelajaran dan peringatan yang akan membawa manusia tersebut kembali pada tujuan penciptaanya.

Oleh karena itu, tanpa bahan peringatan dan pengajaran tersebut, manusia akan selalu lalai dan tidak menghiraukan kewajibannya karena adanya nafsu dan hasutan yang didorong oleh adanya syaitan.

Karena itu, Al Qur’an sangat berperan penting sebagai Al Mau’izhah dalam pondasi kehidupan manusia.

Selain itu, nasihat beserta peringatan penting adanya karena sebagai manusia akan sering dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan dan solusi penyelesaiannya ialah dengan mengambil bahan ajar dari agama (di dalam Al Qur’an). Permasalahan dapat beragam bahkan tata cara berperilaku terhadap tetangga, orang tua, dan musuh sekalipun.

Allah SWT menerangkan dalam firmannya mengenai Al Qur’an sebagai Al Mau’izhah dalam surat Al Qamar ayat 22 yang artinya

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Qur’an sebagai peringatan, maka adakah orang-orang yang mau untuk mengambil pelajaran? (Al Qur’an)

Juga, Allah SWT juga menerangkan dalam Al Qur’an surat Yunus ayat 57 yang artinya

Wahai manusia. Sesungguhnya Kami telah datangkan kepadamu sebuah pelajaran atau peringatan (yakni Al Qur’an) dari Tuhanmu sebagai penawar dari berbagai penyakit yang ada di dalam hati serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman

Pengajaran ini di tujukkan kepada seluruh manusia, tidak hanya bagi orang islam, karena di dalam alquran akan kita dapatkan pelajaran berharga tentang penciptaan alam semesta, asal kejadian manusia, pergerakan planet dan lain lain, yang kebenaranya dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern saat ini.

Sehingga tidak ada celah lagi bagi seluruh ummat manusia untuk tidak dapat menerima kebenaran alquran.

4. Asy-Syifa’

nama lain alquran

nama lain alquran

Nama Lain alquran disebut juga sebagai As Syifa’ yang berarti penawar atau penyembuh. Banyak pendapat dari ulama, bahwa alquran dapat menyembuhkan penyakit fisik ataupun penyakit Ruhani.

Jika seseorang sering membaca alquran insya Allah, Allah SWT akan menyembuhkan dari berbagai penyakit yang di deritanya.

Taukah sahabat ? Al Quran yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW untuk diturunkan kepada manusia telah di sifatkan sebagai penyembuh dan penawar bagi umat manusia. Penawar dan penyembuh berkaitan dengan penyakit.

Tentunya, sebagai manusia memiliki beberapa penyakit hati seperti sombong, ragu, bahkan syirik.

Dalam tafsir Ibnu Kathir menjelaskan bahwa Al Qur’an dapat menjadi penawar dan penyembuh dari berbagai penyakit hati yang ada di dalam manusia . Sesungguhnya Al Qur’an yang benar-benar diamalkan akan membawa kedamaian dan ketenangan hati manusia.

Juga, Al Qur’an dapat memberikan pencerahan bagi yang beriman.

Ketika hati seseorang terbuka pada Al Qur’an maka ia dapat mengobati dirinya sendiri. Perasaan yang mudah datang seperti mudah marah, dengki, iri, cemas dapat menjadi lebih bahagia dan tenang serta senantiasa berada di jalan Allah SWT.

Demikian juga bahwasanya, Allah SWT berfirman dalam surat Yunus ayat 57 yang artinya

Wahai manusia. Sesungguhnya Kami telah datangkan kepadamu sebuah pelajaran (yakni Al Qur’an) dari Tuhanmu sebagai penawar dari berbagai penyakit yang ada di dalam hati serta sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman

5. Al-Hukm

nama alquran

nama alquran

 

6. Al-Hikmah

nama lain alquran

nama lain alquran

7. Al-Huda

nama lain alquran

nama lain alquran

Al Quran bagi umat islam merupakan sebuah petunjuk dan pedoman kelangsungan hidupnya dalam melakukan segala sesuatu. Al-Qur’an sebagai petunjuk telah dinyatakan oleh Allah SWT dalam firmannya.

Al Hudaa sebagai nama lain dari Al Quran dinilai sesuai dengan kriteria dan ciri-ciri dari kitab suci umat Islam tersebut.

Beberapa ayat yang menyebutkan bahwa Al Qur’an sebagai petunjuk ialah dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman yang artinya “Al Qur’an sesungguhnya adalah petunjuk bagi umat manusia”. Ayat lain yaitu QS (3) ayat 138 Allah SWT berfirman dengan arti “Alqur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa”

Demikian juga, Allah SWT juga berfirman dalam surat AL Baqarah ayat 185 yang artinya

Bulan ramadan merupakan bulan dimana diturunkannya Al Qur’an (yang digunakan) sebagai petunjuk bagi umat manusia serta penjelasan mengenai petunjuk tersebut sekaligus sebagai pembeda (pembeda antara mana yang benar dan juga mana yang batil)

Di ayat lainya, Al Qur’an surat Fushilat (41) ayat 44 juga menjelaskan mengenai Al Hudaa yang artinya “dan jikalau Kami jadikan Al Quran sebagai bacaan dalam bahasa selain Arab, maka tentu mereka akan mengatakan: ‘mengapa tidak dijelaskan ayatnya?’ Apakah (pantas Al Qur’an) dalam bahasa asing sedangkan Rasul merupakan orang Arab?…….”

Dalam, Surat Fushilat ayat 44

“….Katakanlah bahwa Al Qur’an itu merupakan petunjuk serta penawar bagi orang-orang yang beriman, dan orang-orang yang tidak beriman sungguh terdapat sumbatan pada telinga mereka……”

8. At-Tanzil

nama lain alquran

nama lain alquran

9. Ar-Rahmat

nama lain alquran

nama lain alquran

Nama lain dari Al Quran yakni Ar Rahmat mengandung arti bahwa Al Quran akan melahirkan hikmah, rahmat, dan juga iman. Bagi umat manusia yang senantiasa beriman serta berpegang teguh pada Al Quran sebagai Ar Rahmah ini tentu akan terus mencari kebaikan dan senantiasa akan cenderung kepada kebaikan yang ditimbulkan tersebut.

Ar Rahmah sebagai nama lain dari Al Qur’an dinyatakan Allah SWT dalam firmannya dalam surat Al Isra’ ayat 82 yang artinya

dan Kami turunkan Al Qur’an (sebagai sesuatu) yang akan menjadi penawar serta rahmat bagi setiap orang yang beriman, sedangkan bagi mereka yang zalim maka (Al Qur’an) hanyalah akan menambahkan kerugian

10. Ar-Ruh

nama lain alquran

nama lain alquran

Allah SWT menurunkan wahyu kepada Rasul-Nya yaitu Nabi Muhammad SWT berupa Al Qur’an dan dinamakan sebagai roh. Roh dalam hal ini berarti menghidupkan sesuatu. Selayaknya jasad manusia, tanpa adanya roh manusia akan mati, tidak berguna, dan busuk.

Al qur’an dinilai sebagai roh untuk menghidupkan hati yang telah mati hingga dekat kepada sang Pencipta.

Ar Ruuh sebagai nama lain dari Al Quran dinyatakan oleh Allah SWT dalam firmannya Al Qur’an surat Ash Shura ayat 52 dengan arti “dan demikianlah Kami wahyukan kepada engkau (Muhammad) sebuah Ruuh (yakni Al Qur’an) dengan adanya perintah Kami,…”

11. Nama alquran Al-Bayan

nama lain alquran

nama lain alquran

Al Bayaan memiliki arti sebagai keterangan.

Dalam hal ini Al Qur’an sebagai Al Bayaan yaitu memberikan penjelasan dan keterangan kepada umat manusia perihal apa yang baik dan apa yang buruk bagi mereka. Penjelasan mengenai antara mana yang haq dan mana yang batil, mana yang benar dan mana yang palsu, mana yang lurus dan mana yang sesat.

Selain itu, ada beberapa kisah umat terdahulu yang diterangkan di dalam Al Qur’an, umat umat yang mengingkari perintah Allah SWT dan diberikan oleh-Nya azab yang bahkan tidak terduga.

Al Qur’an sebagai Al Bayaan dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 138 yang artinya

Inilah (kitab Al Qur’an) suatu keterangan yang memberikan penjelasan untuk umat manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi mereka orang-orang yang bertakwa

12. Al-Kalam

nama lain al quran

nama lain al quran

Al Qur’an sebagai Al Kalam mengandung arti bahwa isi awal hingga akhir yang ada di dalam Al Qur’an merupakan firman atau perkataan dari Allah SWT. Beberapa ayat Al Qur’an menjelaskan Al Qur’an sebagai Al Kalam.

Penjelasan tersebut terdapat di dalam Al Qur’an surat At Taubah ayat 2 yang memiliki arti “Maka hendaklah kamu berjalan (wahai kamu musyrikin) di muka bumi selama 4 bulan, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu tidak akan pernah bisa melemahkan Allah SWT dan sesungguhnya Allah SWT akan menghinakan orang kafir”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa adanya perjanjian damai antara Nabi Muhammad SAW dan orang-orang musyrikin. Isi perjanjian tersebut tidak ada peperangan antara kedua belah pihak dan kaum muslimin diperbolehkan untuk haji ke kota Mekkah dan melakukan tawaf di Ka’bah.

Allah SWT menurunkan ayat tersebut untuk memberikan kesempatan kepada kaum msuyrikin untuk memperkuat diri dengan waktu 4 bulan.

Artinya, semua yang ada di dalam Al Qur’an merupakan perintah dan firman dari Allah SWT yang diturunkan kepada manusia untuk dipatuhi dan diamalkan dalam kehidupan.

13. Al-Busyra

nama lain al quran

nama lain al quran

14. An-Nur

nama lain al quran

nama al quran

Selain menjadi petunjuk, pedoman,dan rahmat, Al Quran bagi umat islam juga menjadi cahaya bagi kehidupan yang akan menuntun manusia menuju cahaya kebenaran, menjauhkan dari kegelapan, kesesatan serta kejahilan ilmu.

Dengan An Nuur, manusia akan senantiasa beriman dan mengabdi kepada Allah SWT serta terjauhkan dari kesempitan dunia dengan melihat keluasan dari akhirat.

Allah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 17 yang artinya

dengan kitab itulah Allah SWT memberikan petunjuk kepada hamba yang senantiasa mengikuti keridhaanNya ke dalam jalan keselamatan….

Al Maidah ayat 17 “….dan (dengan Kitab ‘Al Qur’an’ itu pula” Allah SWT membawa hamba tersebut keluar dari adanya kegelapan menuju terangnya cahaya dan tentu dengan izin-Nya akan menunjukkan ke jalan yang benar dan lurus”

15. Al-Basha’ir

nama lain al quran

nama al quran

16. Al-Balagh

nama lain alquran

nama lain alquran

17. Al-Qaul

nama lain alquran

nama lain alquran

Demikianlah nama lain dari alquran, semoga menambah pemahaman dan kecintaan kita semua kepada alquran.

 

17 Nama Nama Lain Alquran