Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Posted on

Last Updated on August 3, 2020 by Angi Permana

Ada beberapa tatacara dzikir dan doa sesudah Sholat fardhu, beberapa diantara kita kadang berdzikir atau berdoa dengan mengeraskan suara dzikir, Juga ada yang melakukan dzikir setelah sholat secara bersama-sama atau berjamaah, ada yang menggunakan tasbih ketika dzikir setelah sholat, ada yang menggunakan ruas jari, dan ada juga yang menggunakan alat khusus untuk menghitung dzikir kita.

Berdoa dan Berdzikir Sesuai Sunnah

bacaan dzikir dan doa setelah sholat fardhu
source wikipedia

Sebuah prinsip yang perlu kita sadari adalah, bahwa zikir terbaik adalah zikir yang diajarkan oleh Rosulullah SAW, karena sesungguhnya rosul adalah yang paling memahami tatacara dzikir dan doa setelah sholat ini.

Lalu Seperti apa tuntunan Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam tentang Dzikir setelah Sholat Fardhu? Bagaimanakah Dzikir setelah Sholat yang benar sesuai Sunnah? Mana yang lebih afdol dzikir setelah sholat fadhu secara berjamaah atau dzikir setelah sholat fardhu secara diri sendiri?

Tentu pertanyaan-pertanyaan ini penting,  karena Ibadah haruslah berdasarkan dalil yang Haq dari al Qur’an dan Hadits yang Shohih, tidak terkecuali Dzikir dan doa setelah Sholat Fardhu.

Berikut ini adalah tatacara berdoda dan berdzikir setelah sholat fardhu, disampaikan juga dalil-dalinya sehingga kita merasa nyaman dalam mengamalkanya.

Bacaan Doa dan Dzikir Setelah Sholat

Setelah melaksanakan sholat wajib, bacaan doa dan  dzikir adalah sebagai berikut :

Pertama bacaan dzikir dan doa setelah solat

Pertama-tama adalah membaca istigfar ( Memohon ampunan kepada Allah SWT ) sebanyak 3 kali

dzikir setelah sholat fardhu

Kemudian membaca

dzikir sesudah sholat

Ada catatan yang penting yang perlu kita perhatikan,

Mengapa setelah sholat kita diperintahkan untuk membaca istigfar ? ( memohon ampunan kepada Allah SWT ) bukankan sholat itu adalah ibadah. Mengapa kita istigfar setelah ibadah?

Karena kita sangat yankin dalam ibada sholat yang kita lakukan sangat rentan dengan kekurangan  dan kita memohon ampunan atas semua kekurangan dalam sholat kita.

Jadi hadirkan perasaan ini, ketika kita membaca istigfar setelah sholat, agar ucapan istigfar kita lebih meresap dan berarti.

Kedua Bacan doa dan Dzkir setelah Sholat

Selanjutnya membaca

bacaan doa sesudah sholat

Yang artinya

Ketiga Bacaan dzikir dan doa setelah sholat

Bacaan selanjutnya adalah dengan membaca dzikir sebagai berikut

 

tatacara dzikir setelah sholat fardhu

Bacaan Latin doa kedua ini adalah sebagai berikut

tatacara doa setelah sholat

Yang artinya

Tiada Robb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagiNya. BagiNya Kerajaan dan pujaan. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu. Tiada daya dan upaya kecuali (dengan pertolongan) Allah.

Kami tidak menyembah kecuali kepadaNya. BagiNya nikmat, anugrah dan pujaan yang baik. Tiada Robb (yang berhak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir membenci.

Dari abdullah Bin Zubair RA, Beliau menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa mengeraskan bacaan dzikir ini setelah melaksanakan sholat.

(HR Muslim 594)

Keempat bacaan dzikir dan doa setelah sholat

Selanjutnya adalah dengan membaca dzikir sebagai berikut

 

bacaan dzikir setelah sholat singkat

Artinya

Maha Suci Allah ( diucapkan sebnyak ) 33 kali

Segala pujian bagi Allah ( diucapkan sebnyak ) 33 kali

Allah Maha Besar ( diucapkan sebnyak ) 33 kali

Tidak ada Rabb yang berhak disembah kecuali Allah Yang Maha Esa, Tiada sekutu bangiNya. BagiNya kerajaan, bangiNya pujaan. Dia0lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Dali bacaan Doa

Kita perlu membiasakan membaca doa dan dzikir seperti bacaan di atas, setiap kali setelah sholat wajib, karena keutamaan nya yang besar, yaitu Allah SWT akan memberikan ampunan atas dosa dan kesalahan kita yang lalu.

Bacaan doa ini di dasarkan kepada hadis riwayat Muslim no 597 yang artinya

tatacara doa sesuai sunnah nabi

Dan kalau mengacu kepada penjelasan yang disampaikan oleh Imam Nawawi, tekstual hadis di atas menjelaskan bahwa bacaan tasbih, tahmid dan takbir dibaca secara terpisah. yang dibaca masing-masing 33 kali ( Syarah Muslim 84/5)

Kelima bacaan dzikir dan doa setelah sholat

Yang kelima dari bacaan doa setelah sholat ini adalah dengan membaca ayat kursi. Kalau diantara kita belum tau bacaan ayat kursi bisa mendengarkan lantunan ayat kursi ini

ARTIKEL TERKAIT LAINYA

bacaan ayat kursi merdu

Audio Bacaan Ayat Kursi

bacaan doa singkat sesuai sunah nabi

Ke enam bacaan dzikir dan doa setelah sholat

selanjutnya adalah membaca surat Al Kkhlash, Al Falaq dan Surat An Naas. Ketiga surat ini disebut juga mu’awwidzat

doa dan dzikir sesudah sholat wajib

Ketujuh membaca doa setelah sholat

Berikutnya adalah membaca doa sebagai berikut :

cara berdoa setelah sholat fardhu

Catatan

Doa ini biasa dilakukan oleh rosulullah setelah melaksanakan sholat subuh.

bacaan doa dan dzikir setelah sholat

Cara Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Sahabat belajaralquran.id demikianlan bacaan dzikir dan doa setelah kita melaksanakan sholat fardhu atau sholat wajib. Seperti yang disampaikan di awal, banyak ragam tatacara membaca dzikir dan doa ini. Akan tetapi dalah hal ini perlu kiranya kita semua mengetahui dalil dalil nya.

Bisa jadi dalam pembahasan ini ada dzikir dan doa yang belum dituliskan, semoga pembaca semua dapat menggali lebih banyak lagi.

Demikianlah artikel tentang dzikir dan doa setelah sholat fardhu semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua untuk dapat melaksanakanya.

Baca Juga Artikel Menarik Lainya Tentang :
Gravatar Image
Assalamualaikum, Ayah 5 anak, Belajar Alquran dan Mengajarkan Alquran, Penulis, Berusaha melakukan terbaik. Distributor Metode Rubaiyat