Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Doa sebelum dan sesudah belajar – Doa adalah senjata orang beriman, seorang muslim ketika akan melakukan aktifitas tentunya selalu diawali dengan do’a. Dengan berdoa ini pula aktifitas tersebut akan bernilai pahala disisi Allah SWT.

Apalagi, kita pahami semua bahwa Allah SWT akan senantiasa mengabulkan do’a hamba hambanya. Tentunya dalam hal belajarpun demikian. Kita berharap aktifitas belajar kita diberikan kemudahan dan ilmu yang kita pelajari menjadi berkah.

Sahabat belajaralquran.id sehingga dalam kesempatan ini kami sampaikan artikel tentang doa sebelum dan sesudah belajar.

Khususnya, dalam mengawali aktivitas belajar-mengajar, do’a merupakan sebuah aktivitas utama dan pertama yang harus dibiasakan oleh kita semua, baik yang beragama Islam maupun yang non-Islam.

Selain doa sebelum belajar, doa setelah belajar juga tak kalah pentingnya dipanjatkan dalam mengungkapkan puji syukur kehadirat Allah SWT sekaligus memohon keberkahan atas segala aktivitas belajar oleh guru maupun peserta didik, serta memohon dianugerahi oleh Allah SWT pemahaman pada semua pelajaran yang telah diterima.

Tentunya, jika ada di antara kita itu ada anak yang beragama non-muslim, tetap dipersilahkan untuk berdo’a namun dengan bahasa maupun lafadz do’a berdasarkan agama dan kepercayaannya.

Berdasarkan tuntunan agama Islam, do’a adalah intinya ibadah, sesuai dengan riwayat dari Anas bin Malik bahwa Rosulullah Muhammad SAW bersabda:

الدُّعَاءُ مُخُّ الْعِبَادَةِ

Artinya : “Doa adalah inti ibadah“.

Pentingnya doa selain sebagai ibadah dalam rangka berdzikir sekaligus bermunajat kepada Allah SWT, do’a dapat juga menjadi autosugesti bagi setiap kita untuk belajar dengan lebih sungguh-sungguh tentunya dalam hal-hal yang diridloi-Nya,

Dan insya Allah segala aktivitas belajar-mengajar pada hari itu dan seterusnya dinilai Allah SWT sebagai amal kebaikan yakni digolongkan dalam umat penuntut ilmu yang selalu berdzikir kepada-Nya.

Berikut lafadz do’a sebelum dan sesudah belajar  yang beragama Islam:

Doa Sebelum Belajar ke 1

doa sebelum belajar

doa sebelum belajar

Sahabat sahabat semua, berikut ini adalah doa sebelum belajar, yang mana kandungan doa ini begitu baik, semoga Allah memberi kemudahan dan keberkahan dari ilmu pengetahuan yang kita pelajari.

Doa belajar ini juga banyak di panjatkan oleh masyarakat muslim saat ini, karena doanya yang singkat, mudah di hafal dan artinya juga cukup padat dan sesuai dengan tujuan belajar.

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbii Zidnii ‘Ilmaa, Warzuqnii Fahmaa, Waj’alnii Minash-Shaalihiin.

Artinya :

Ya Allah Tambahkanlah aku ilmu, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang shaleh.

Doa sebelum belajar ke 2

Selain doa belajar di atas, ada lagi doa belajar yang cukup lengkap dan cukup banyak pula di amalkan, berikut isi dari doa tersebut:

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ
اِللَّهُمَّ اءَلّهِمْنِى عِلْمَا اَعّرِقُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَاَعْرِفُ بِهِ نَوَا هِيَكَ وَارْزُقْنِى , اللَّهُمَّ بَلَغَةَ فَهْمِ النَبِيِّيْنَ وَفَصَاحَةِ حِفْظِ الْمُرْ سَلِيْنَ وَسُرْ عَةِ اِلْهَامِ الْمَلَائِكَةِ الْمُقَرَّ بِيْنَ وَاَكْرِمْنِى . اَللَّهُمَّ بِنُوْرِ الْعِلْمِ وَسُرْ عَةِ الْفَهْمِ وَاَخْرِ جْنِى مِنْ ظُلُمَاتِالْوَهْمِ وَافْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَعَلْمِنِى اَسْرَارَ حِكْمَتِكَ يَارَبَّ الّعَا للَمِيْنَ

Bismillahirrahmaanirrahiim…
Allaahumma alhimnii ‘ilman a’rifu bihi awaamuroka wa a’rifu bihi nawaahiyaka warzuqnii. Allaahumma balaghota fahmin nabiyyana wa fashoohati hifdlil mursaliina wa sur’ati ilhamil malaa’ikatil muqorro biina wa akrimnii. Allaahumma bi nuuril ‘ilmi wasur’atil fahmi wa akhrijnii min dlulumaatil wahmi waftah lii abwaaba rohmatika wa allminii asrooro hikmatika yaa robbal ‘aalamiina.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang Wahai Allah, ilhamilah aku dengan ilmu yang dapat menjadi alat untuk mengetahui semua suruhan Mu dan berilah aku rizqi. Wahai Allah, sampainya kefahaman yang mendalam dari para nabi dan kefasihan hafalan para Rosul serta cepatnya ilham para malaikat muqorrobiin, maka karuniakanlah kepadaku. Wahai Allah, dengan cahaya ilmu dan cepat tanggap dalam kefahaman serta keluarkanlah aku dari kegelapan keraguan dan bukanlah untukku semua pintu rahmad Mu dan ajarkanlah kepadaku rahasia hikmah Mu. Wahai Tuhan Semesta Alam.

Doa Sesudah Belajar

Selanjutnya, ini adalah doa setelah belajar

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَه وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnattibaa’ahu. Wa Arinalbaathila Baa-Thilan Warzuqnajtinaabahu. Artinya

Ya Allah,  tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya

Adab Belajar dan Menuntut Ilmu

Belajar adalah salah satu aktivitas yang cukup penting dalam kehidupan dalam islam, Seperti yang dicontohkan para ulama terdahulu kegiatan belajar memiliki adab-adab yang seharusnya di patuhi oleh setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan.

Sehingga, Adab-adab ini menjadi salah satu hal yang penting agar ilmu yang anda pelajari bisa menjadi lebih berkah dan bermanfaat.

Adapun adab dalam belajar, yaitu :

  1. Ikhlas menuntut ilmu dengan niatan semata-mata karena Allah Subhanallahu wa ta’ala,
  2. Mengamalkan doa sebelum belajar dan memohon agar ilmu yang akan di pelajari menjadi ilmu yang berkah dan bermanfaat,
  3. Anda juga bisa mengawali proses belajar anda dengan cukup bermunajat atas nama Allah dan mengagungkan segala kuasa Nya,
  4. Serius dan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu,
  5. Menjauhkan diri dari ilmu maupun kegiatan yang menimbulkan dosa maupun maksiat,
  6. Menghindarkan diri dari sifat angkuh dan sombong saat berbagi ilmu terhadap orang yang masih belum mengetahui ataupun terhadap orang yang bertanya,
  7. Menghormati guru dan mendengarkan dengan seksama tentang ilmu yang di jelaskan oleh ustadz atau guru anda,
  8. Berusaha untuk selalu fokus, tenang dan khitmat saat menuntut ilmu,
  9. Tidak berbicara ataupun membicarakan hal yang tidak bermanfaat,
  10. Memahami dan menghafalkan setiap ilmu syar’i, serta mencatat ilmu agar tidak mudah hilang atau di lupakan,
  11. Mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan, sebagai salah satu hal yang bisa di sebarkan kepada setiap orang yang belum mengetahui. Dalam islam, kita tidak di anjurkan untuk pelit ataupun menyembunyikan ilmu yang kita miliki.
  12. Mengakhiri proses belajar dengan mengucapkan hamdalah dan berdoa kepada Allah agar ilmu yang telah di pelajari menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkah bagi orang yang mempelajari maupun bagi orang di sekitarnya.

Demikian adab-adab tersebut tentunya perlu untuk kita amalkan dan di laksanakan, berhubung pentingnya tugas manusia sebagai khalifah bumi yang harus terus dan senantiasa mempelajari dan belajar dari alam tentang hakikat kehidupan mereka.

Demikian bacaan do’a sebelum dan sesudah belajar serta adab adab dalam belajar , semoga kita bisa membiasakan berdoa kepada Allah SWT.
Baca juga artikel lainya tentang nama nama lain alquran

Leave a Reply