Belajar Membaca Alquran Sendiri

Posted on

Konten diperbaharui pada September 25, 2020 oleh Belajar Mengaji

Belajar membaca alquran sendiri – Belajar membaca Alquran, bagi kita sebagai orang indonesia adalah tantangan tersendiri. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa alquran diturunkan dalam bahasa arab. Dan sebagai soang muslim tentunya kita semua ingin bisa membaca Alquran tersebut.

Lalu bagaimana ? apakah mungkin seseorang belajar membaca Alquran sendiri atau dilakukan secara otodidak ? Menurut saya sangat mungkin saja kitabelajar membaca alquran secara mandiri seperti itu, namun idealnya kita belajar kepada seorang guru mengaji.

Tentunya, dalam belajar membaca alquran ini harus dilakukan secara bertahap dan dengan tahapan yang benar sehingga belajar membaca alqurantersebut menjadi lebih efektif.

Dalam belajar membaca alquran ini paling melalui tahapan berikut ini :

  1. Membangun dan memiliki motivasi belajar yang kuat
  2. Mengetahui tahapan belajar alquran dengan benar
  3. Melakukan evaluasi terhadap bacaan alquran yang dipelajari.
  4. Sering berlatih membaca alquran

Motivasi belajar membaca alquran

Niat yang benar dalam belajar alquran akan melahirkan tekad yang kuat. Oleh karena itu kita perlu sedikit mengevaluasi niat dan motivasi kita. Karena untuk bisa belajar membaca Alquran sendiri atau belajar alquran secara otodidak memerlukan ekstra motivasi.

belajar mengaji alquran
membaca alquran sendiri

Hadis motivasi membaca alquran

1. Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya ( HR Imam Bukhari , Abu Daud, Tirmidzi , Ibnu Majah

2. Orang yang ahli Al Quran akan bersama para malaikat –malikat pencatat yang mulia dan lurus. Sedangkan orang yang terbata-bata dalam membaca Al Quran tetapi ia tetap bersusah payah mempelajarinya akan mendapat pahala dua kali lipat.” (HR Imam Bukhari, Daud, Nasa’i, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah)

3. Belajarlah Al Quran dan bacalah ia karena orang yang belajar Al Quran dan menyebutkannya dalam shalat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka dan penuh kasturi, baunya semerbak merebak ke seluruh tempat dan seseorang yang telah belajar Al Quran tetapi ia tidur dan Al Quran didalam hatinya adalah seumpama sebuah wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup.(HR. Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ibnu Hiban.)

4. Wahai Abu Dzar, jika kamu pergi pada suatu pagi dan mempelajari satu ayat dari kitab Allah yaitu Al Quran, maka lebih baik daripada mengerjakan sholat nafil seratus rakaat dan jika kamu mempelajari satu bab dari ilmu apakah dapat diamalkan ataupun tidak maka lebih baik bagimu daripada mengerjakan seribu rakaat shalat nafil. (HR Ibnu Majah.)

5. Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu hasanah ( kebaikan ) dan satu hasanah adalah sama dengan sepuluh kali lipat pahalanya.

6. Dan saya tidak mengatakan ا لم ( alif lam mim ) itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.(HR Tirmidzi)

7. Barang siapa membaca Al Quran dan mengamalkan isi kandungannya maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripda sinar matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kalian di dunia.Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri.(HR Ahmad dan Abu Daud.)

8. Membaca Al Quran di dalam shalat lebih utama dari pada di luar shalat, membaca Al Quran di luar shalat lebih utama dari pada tasbih dan takbir, tasbih lebih utama daripada sedekah, sedekah lebih utama daripada puasa dan puasa adalah penghalang dari api neraka.(HR. Baihaqi)

9. Dari Abdullah Ibnu Umar r.a meriwayatkan,’’Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air,’’Beliau ditanya,”Wahai Rasulullah,bagaimana cara membersihkannya?”Rasulullah saw bersabda,’’Memperbanyak mengingat maut dan membaca Al Quran,(HR Imam Baihaqi)

10. Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa membaca sepuluh ayat dalam satu malam,maka ia tidak akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang lalai.(HR Imam hakim)

11. Rasulullah saw bersabda,’’Barangsiapa menjaga lima kali sholatnya,maka ia tidak dimasukkan kedalam golongan orang-orang lalai,dan barangsiapa membaca seratus ayat dalam satu malam,maka ia akan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang taat.” (HR.Ibnu Khuzaimah)

12. Rasulullah saw bersabda :Pada hari kiamat kelak akan diseru kepada ahli Al Qur’an,’’teruskanlah baca Quranmu dan teruskanlah menaiki Surga tingkat demi tingkat dan bacalah dengan tartil seperti yang telah engkau baca di dunia,karna sesungguhnya tempat terakhirmu adalah dimana engkau telah sampai pada ayat terakhir yang kamu baca.’(HR.Ahmad,Tirmidzi,Abu Dawud,Nasai,Ibnu Majah,dan Ibnu Habban).

13. Rasulullah saw bersabda :Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalnya, menganggap halal apa yang di halalkan di dalam Al Quran,dan menganggap haram apa yang di haramkannya,maka Allah Swt.akan memasukkannya kedalam Surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafa’at kepada sepuluh orang ahli keluarganya yang akan dicampakkan ke dalam api neraka. (HR.Imam Ahmad dan Tirmidzi).

14. Rasulullah saw bersabda,”Seseorang yang tidak ada sedikit pun Al Quran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong.’’ (HR.Tirmjdzi)

Dan masih banyak lagi keterangan-keterangan lain yang menjelaskan keutamaan belajar dan membaca alquran ini. Tapi mudah mudahan hadis di atas memberikan kita semua motivasi untuk selalu bersemangat dalam mempelajari alquran.

belajar baca alquran sendiri
belajar membaca Alquran

Tahapan untuk belajar membaca Alquran Sendiri

Berikutnya adalah, bagaimana tahapan belajar membaca alquran ini, apalagi kalau anda melakukannya secara otodidak atau mandiri.

Tentunya kita tidak mau, belajar dengan cara yang salah sehingga benyak membuang waktu kita saja, walaupun pastinyadalam proses belajar ini banyak keutamaan yang diberikan Allah SWT.

Berikut ini adalah tahapan dalam belajar membaca alquran

1. Temukan Meode Belajar Yang Cocok

Dalam belajar membaca alquran banyak sekali metode cara belajar seperti metode rubaiyat, metode iqro, metode ummi dan lain-lain. Anda semua bebas memilih metode mana yang paling cocok.

Secara subjektif, saya memberikan saran adalah dengan menggunakan metode iqro.  ini sebuah metode belajar alquran karya As’ad Humam yang melegenda.

Belajar Membaca Alquran Sendiri

Buku iqro sendiri terdiri dari 6 jilid, dari iqro1 hingga iqro6 yang secara bertahap menjadi materi dalam belajar membaca alquran ini.

2. Mengenal Huruf Hijaiyah

Tentunya pertama-tama kita harus mengetahui huruf huruf adalam alquran ( huruf Hijaiyah ), bagai mana bisa membaca alquran kalau kita tidak tahu macam huruf huruf alquran

Huruf hijaiyyah merupakan hurup Arab yang digunakan dalam Al-Qur’an. Terdapat 29 huruf hijaiyyah. Semua huruf ini wajib hafal untuk membaca Al Quran dengan fasih. Disetiap hurup, bacaan dan bunyinya berlainan. Bahkan beberapa hurup ada yang terdengar serupa.

Contoh huruf hijaiyah yang dipelajari dalam metode iqro 1 halaman 1 adalah seperti gambar dibawah ini

buku iqro 1 halaman 1

Jadi silahkan perhatikan buku iqro nya….

Anda akan belajar semua huruf hijaiyah beserta tanda baca dasar ini di buku iqro 1.

oia, apaitu tanda baca dasar ? di iqro 1 ini yang dipelajari adalah tanda baca fathah saja, bahkansampai iqro 2 juga tanda baca yang di ajarkan adalah tada baca fathah saja.

Untuk tanda baca kasroh dan dhommah, mulai dipelajari di iqro 3.  Sebagai bahan evaluasi bacaan kita, perhatikan tanyangn video ini

Untuk memudahkan dalam belajar, perhatikan cara membaca huruf hijaiyah pada video di bawah ini :

Subcribe Channel Belajar Alquran

Dukung kami Untuk Web Yang Lebih Baik
Subcribe

3. Mengenal huruf yang disambung

Tahapan belajar berikutnya adalah memahami huruf-huruf hijaiyah yang ditulis secara tersambung. Dalam bahsa arab, huruf-huruf ditulis tersambung agar dapat membentuk sebuah kata.

Hanya saja ada aturan cara penulisan dan cara membaca nya.

Sebagai contoh adalah pada pelajaran iqro 2 halaman 1 di bawah ini.

huruf hijaiyah sambung dalam iqro 2 halaman 1

Pada iqro 2 juga, sudah mulai belajar tentang tanda baca mad yaitu cara membaca panjang pendek alquran. Pada tahap ini harus benar-benar paham, khususnya cara membaca huruf hijaiyah yang disambung.

4. Huruf hijaiyah dengan tanda baca Kasroh dan Dhommah

Tahap berikutnya dalam membaca alquran adalah dengan tanda baca kasroh dan dhommah. Jika tanda baca fathah mengeluarkan bunyi dengan fonem a, maka tanda baca kasroh berfonem i dan dhommah berfonem u.

Hal ini dipelajari dalam iqro 3.

Sebagai gambaran huruf hijaiyah yang diberi tanda baca fathah (garis diatas huruf hijaiyah), kasroh (garis dibawah huruf hijaiyah)  dan dhommah (tanda melengkung di atas huruf hijaiyah), kita bisa lihat gambar dibawah ini.

Huruf hijaiyah dengan tanda baca Kasroh dan Dhommah

4. Huruf Hijaiyah Dengan Tanda Baca Tanwin

Tahapanbelajar berikutnya adalah, memahami cara membaca huruf hijaiyah yang diberi tanda baca tanwin. Tnda baca ini mrip dengan tanda baca fathah, kasroh dan dhommah.

Hanya saja pada tanda baca tanwin ini tanda bacadi tulis ganda.

Pelajaran tanda baca tanwin dimulai pada iqro 4, dan sebagai gambaran tanda baca tanwin ini kita bisa perhatikan gambar dibawah ini

Belajar Membaca Alquran Sendiri

 

5. Membaca Kata dan Kalimat Pendek

Pada tahap berikutnya adalah, memahami cara membaca kata dan kalimat pendek bahasa arab. Tentunya kata dan kalimat ini adalah yang tertulis dalam alquran.

Hal yang penting pada tahap ini juga adalah memahami semua tanda-tanda baca dalam alquran. seperti Hukum Mad sebagai tanda cara baca panjang atau pendek, Hukum nun Mati, hukum waqaf (berhenti) dan lain-lain.

6. Makhorijul huruf dan sifat huruf

Untuk makhorijul huruf ini sebaiknya di pahami dari awal belajar, dilakukansedikit demi sedikit sampai benar-benar bisa.

Secara ideal untuk makhoriul huruf diperlukan guru mengaji untuk membimbing belajar alquran.

Sebagai gambaran pelajaran makhorijul huruf silahkan baca artikel tentang mahkorijul huruf  

Kesimpulan

Walaupun artikel ini berkaitan dengan cara belajar membaca alquran secara otodidak atau sendiri, secara pribadi kami tidak merekomendasikan. Sebaiknya kita memiliki guru untuk mengajarkan langsung sekaligus agar dapat memberi koreksi jika ada kesalahan pembacaan.

Baca Juga Artikel Lainya tentang

Terimakasih sudah membaca artikel kami, tolong bantu share jika artikel ini bermanfaat.

Mohon Berikan Penilaian

0 / 5 0
Gravatar Image
Assalamu'alaikum, Menjual paket belajar membaca Alquran metode RUBAIYAT. Insya Allah BISA membaca Alquran lebih cepat. Kunjungi menu PRODUK di web kami - CP : 085717616596

2 thoughts on “Belajar Membaca Alquran Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *