Belajar Alquran Belajar Membaca Alquran Sendiri

Belajar Alquran Otodidak

Belajaralquran.id – Kalau kita ingin belajar alquran atau belajar membaca Alquran sendiri, belajar membaca iqro alquran, memahami tajwid dalam alquran  tentunya yang pertama dan utama adalah Niat atau motivasi yang benar. Niatkan belajar alquran untuk menggapai ridho dari Allah SWT.

Niat yang benar dalam belajar alquran akan melahirkan tekad yang kuat. Oleh karena itu kita perlu sedikit mengevaluasi niat dan motivasi kita. Karena untuk bisa belajar membaca Alquran sendiri atau belajar alquran secara otodidak memerlukan ekstra motivasi.

Motivasi belajar membaca alquran | Belajar Alquran

belajar baca alquran sendiri

belajar baca alquran sendiri

Hadis motivasi membaca alquran

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya” ( HR Imam Bukhari , Abu Daud, Tirmidzi , Ibnu Majah )

“Orang yang ahli Al Quran akan bersama para malaikat –malikat pencatat yang mulia dan lurus.

Sedangkan orang yang terbata-bata dalam membaca Al Quran tetapi ia tetap bersusah payah mempelajarinya akan mendapat pahala dua kali lipat.” (HR Imam Bukhari, Daud, Nasa’i, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah)

 

Belajarlah Al Quran dan bacalah ia karena orang yang belajar Al Quran dan menyebutkannya dalam shalat tahajjud adalah seumpama sebuah wadah yang terbuka dan penuh kasturi, baunya semerbak merebak ke seluruh tempat dan

seseorang yang telah belajar Al Quran tetapi ia tidur dan Al Quran didalam hatinya adalah seumpama sebuah wadah yang penuh dengan kasturi tetapi tertutup.” (HR. Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Ibnu Hiban.)

“Wahai Abu Dzar, jika kamu pergi pada suatu pagi dan mempelajari satu ayat dari kitab Allah yaitu Al Quran,

maka lebih baik daripada mengerjakan sholat nafil seratus rakaat dan jika kamu mempelajari satu bab dari ilmu apakah dapat diamalkan ataupun tidak maka lebih baik bagimu daripada mengerjakan seribu rakaat shalat nafil. “ (HR Ibnu Majah.)

Manfaat Membaca Al quran

belajar alquran sendiri

Manfaat membaca alquran

“Barang siapa membaca satu huruf dari kitab Allah, maka baginya satu hasanah ( kebaikan ) dan satu hasanah adalah sama dengan sepuluh kali lipat pahalanya.

Dan saya tidak mengatakan ا لم ( alif lam mim ) itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”(HR Tirmidzi)

Barang siapa membaca Al Quran dan mengamalkan isi kandungannya maka kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripda sinar matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kalian di dunia.

Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri.(HR Ahmad dan Abu Daud.)

Membaca Al Quran didalam shalat lebih utama dari pada di luar shalat, membaca Al Quran di luar shalat lebih utama dari pada tasbih dan takbir, tasbih lebih utama daripada sedekah, sedekah lebih utama daripada puasa dan puasa adalah penghalang dari api neraka.(HR. Baihaqi)

Dari Abdullah Ibnu Umar r.a meriwayatkan,’’Sesungguhnya hati ini dapat berkarat sebagaimana berkaratnya besi bila terkena air,’’Beliau ditanya,”Wahai Rasulullah,bagaimana cara membersihkannya?”Rasulullah saw bersabda,’’Memperbanyak mengingat maut dan membaca Al Quran,(HR Imam Baihaqi)

Hadis tentang manfaat membaca Alquran

Rasulullah saw bersabda,”Barang siapa membaca sepuluh ayat dalam satu malam,maka ia tidak akan dimasukkan ke dalam golongan orang-orang lalai.(HR Imam hakim)

’’Rasulullah saw bersabda,’’Barangsiapa menjaga lima kali sholatnya,maka ia tidak dimasukkan kedalam golongan orang-orang lalai,dan barangsiapa membaca seratus ayat dalam satu malam,maka ia akan dimasukkan dalam golongan orang-orang yang taat.” (HR.Ibnu Khuzaimah)

”Rasulullah saw bersabda,”Pada hari kiamat kelak akan diseru kepada ahli Al Qur’an,’’teruskanlah baca Quranmu dan teruskanlah menaiki Surga tingkat demi tingkat dan bacalah dengan tartil seperti yang telah engkau baca di dunia,karna sesungguhnya tempat terakhirmu adalah dimana engkau telah sampai pada ayat terakhir yang kamu baca.’’ (HR.Ahmad,Tirmidzi,Abu Dawud,Nasai,Ibnu Majah,dan Ibnu Habban).

”Rasulullah saw bersabda,’’Barangsiapa membaca Al Quran dan menghafalnya,menganggap halal apa yang di halalkan di dalam Al Quran,dan menganggap haram apa yang di haramkannya,maka Allah Swt.akan memasukkannya kedalam Surga dan Allah menjaminnya untuk memberi syafa’at kepada sepuluh orang ahli keluarganya yang akan dicampakkan ke dalam api neraka.’’ (HR.Imam Ahmad dan Tirmidzi).

”Rasulullah saw bersabda,”Seseorang yang tidak ada sedikit pun Al Quran di dalam hatinya adalah seperti rumah kosong.’’ (HR.Tirmjdzi)

”Rasulullah saw bersabda,’’Membaca Al Quran dari hafalan mendapat seribu derajat pahala,sedangkan membaca Al Quran dengan melihat mushaf mendapatkan dua ribu derajat.’’(HR Imam Baihaqi)

”Rasulullah saw bersabda,’’Sesungguhnya bagi Allah dari kalangan manusia ini,ada sebagian bagi mereka sebagai ahlinya.’’Para sahabat bertanya,’’Siapakah mereka itu?’’Rasulullah saw menjawab,’’Ahlul Quran (orang-orang Al Quran),merekalah ahli-ahli Allah dan orang-orang istimewa Nya.’’ (HR Imam Hakim dan Ahmad)

Tahapan Belajar Membaca Alquran Otodidak

belajar baca alquran sendiri

belajar membaca Alquran

Tahapan untuk belajar membaca Alquran Sendiri

Tentunya pertama tama kita harus mengetahui huruf huruf adalam alquran ( huruf Hijaiyah ), bagai mana bisa membaca alquran kalau kita tidak tahu macam huruf huruf alquran

Huruf hijaiyyah merupakan hurup Arab yang digunakan dalam Al-Qur’an. Terdapat 29 huruf hijaiyyah. Semua huruf ini wajib hafal untuk membaca Al Quran dengan fasih. Disetiap hurup, bacaan dan bunyinya berlainan. Bahkan beberapa hurup ada yang terdengar serupa.

Selanjutnya adalah mengetahui tanda Tanda Baca Huruf Alquran.  Bahasa Arab yang juga bahasa Alquran memiliki tanda tanda baca.

Ada hurup yang di baca panjang ada hurup yang dibaca pendek. Tanda panjang yang berbeda juga menggambarkan jumlah ketukan panjang nya.

Gampang nya  , kalau “a” satu ketukan , “a . ” dua ketuka “ a ..” tiga ketukan dan seterusnya.  Tergantung tanda baca yang meyertainya.

Ada huruf ber akhiran a , an , i, in , u , un, ada hurup yang di baca dengan sedikit dengung. Jangan bingung ya… karena logika tanda baca alquran sangat mudah di pahami.

Selain mengenal bentuk-bentuk huruf hijaiyah dan tanda baca nya , kita juga perlu tahu bagaimana huruf tersebut jika disambung dengan huruf lain, Serta ada beberapa huruf hiyaiyah yang tidak dapat disambung.

Terakhir yang perlu diperhatikan adalah tempat keluarnya huruf (makhroj) alquran tersebut. Karena hurup tersebut memiliki tempat keluar suara yang berbeda beda

Ok secara singkat Tahapan awal untuk dapat belajar membaca Alquran sendiri atau otodidak  adalah

  1. Mengenal Huruf Alquran (hurup hijaiyah)

  2. Mengenal Tanda Baca al quran

  3. Mengenal huruf yang disambung dalam alquran

  4. Mengenal makhroj ( tempat keleluarnya suara )

Alhamdulillah, kita telah mengetahui motivasi belajar membaca alquran sendiri

Dan juga sudah tahu tahapan tahapan awal belajar membaca alquran sendiri atau otodidak

selanjutnya tinggal kita mempraktekannya dalam kehidupan sehari-hari.

oia,Baca Juga Artkel menarik lainya tentang Mukzizat Alquran

Atau mungkin tertarik juga untuk membaca artikel bagaimana agar cepat bisa baca alquran. Dan bisa juga berkunjung ke artikel tentang alquran.

Terimakasih sudah membaca artikel kami, tolong bantu share jika artikel ini bermanfaat.

Belajar Alquran | Rubaiyat | Metode Rubaiyat | Tajwid | Mengaji |

Saling Berbagi dalam kebaikan

2 Comments

  1. dadan fitria May 9, 2018
    • Angi Permana May 9, 2018

Silahkan Komentar Disini

Dapatkan Paket Belajar Alquran Metode RUBAIYAT

Cara Belajar Baca Alquran Dengan Mudah & Menyenangkan
 

close-link

Bantu Sharing Ya ...

Semoga Berkah dan Jadi Pahala
close-link