Doa Sholat Dhuha dan 4 Rahasia Keutamaannya.

Doa Sholat Dhuha dan Keutamaanya kerapkali ditanyakan,  tapi sebelum membahas tentang doa sholat dhuha ini terlebih dahulu dijelaskan pengertian apa itu sholat dhuha, sholat dhuha adalah Sholat Sunah yang dikerjakan pada waktu Dhuha dimana batas waktu dhuha tersebut adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu sebelum zhuhur (kira-kira sekitar jam 11). Sholat Dhuha disebut juga dengan Sholat Awwabin.

Pada beberapa kesempatan, sahabat belajaralquran.id menayakan rahasia , keutamaan sholat dhuha serta manfaat sholat dhuha. Sehingga pada artikel kali ini insya Allah dibahas juga tentang keutamaan sholat dhuha, batas waktu sholat, tatacara sholat dhuha beserta doa doa nya.

doa sholat dhuha

doa sholat dhuha

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan sholat dhuha serta rahasia hikmah doa-doa nya dijelaskan dengan beberapa hadist nabi Muhammad SAW berikut ini :

1Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 12 raka’at

“Barangsiapa sholat dhuha 12 raka’at, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga”(HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majjah)

2Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 8 raka’at

“Dari Ummu Hani bahwa Rasulullah s.a.w. sholat dhuha 8 raka’at dan betsalam tiap 2 raka’at.”(HR. Abu Dawud)

3Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha 4 raka’at

“Rasulullah s.a.w. bersabda didalam hadits Qudsi, Allah s.w.t. berfirman, Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan 4 raka’at sholat dhuha, karena dengan sholat tersebut, Aku cukupkan kebutuhanmu pada sore harinya.”(HR. Hakim dan Thabrani)

4Hadits anjuran mengerjakan sholat dhuha secara Istiqamah

“Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan istiqomah, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”

Juga berdasarkan hadits Qudsi :

Allah berfirman :

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang ( Shalat Dhuha ) niscaya pasti akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya “ (HR.Hakim dan Thabrani).

Begitupula diantara keutamaan sholat dhuha atau manfaat shalat dhuha ini adalah apa yang diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwa Rasulullah saw bersabda,

Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua rakaat shalat dhuha.

Tata cara sholat dhuha 

Tata cara sholat hampir sama dengan sholat sunah pada umumnya,

  1. Berniat kemudian membaca takbir,
  2. Membaca doa Iftitah
  3. Membaca surat al Fatihah
  4. Membaca satu surat didalam Alquran. Afdholnya rakaat pertama membaca surat Asy-Syam  dan rakaat kedua surat Al Lail
  5. Ruku’ dan membaca tasbih tiga kali
  6. I’tidal dan membaca bacaannya
  7. Sujud pertama dan membaca tasbih tiga kali
  8. Duduk diantara dua sujud dan membaca bacaanya
  9. Sujud kedua dan membaca tasbih tiga kali
  10. Setelah rakaat pertama selesai, lakukan rakaat kedua , kemudian Tasyahhud akhir setelah selesai maka membaca salam dua kali.

Jumlah rakaat Sholat Dhuha

Jumlah rakaat dilakukan dalam satuan dua rakaat satu kali salam. Sementara itu untuk berapa jumlah maksimal sholat ada pendapat yang berbeda dari para ulama, ada yang mengatakan maksimal 8 rakaat, ada yang maksimal 12 rakaat, dan ada juga yang berbedapat tidak ada batasan.

Doa sholat dhuha, bacaan sholat beserta terjemahan

Untuk niat dan doa setelah sholat adalah seperti dibawah ini :

Bacaan Niat Sholat Dhuha

اُصَلِّى سُنَّةَ الضَّحَى رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

USHALLII SUNNATADH DHUHAA RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya :

“Aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat, karena Allah Ta’ala”

Surah yang paling baik dibaca pada sholat dhuha

  1. Surah Al Waqi’ah
  2. Surah Asy Syams
  3. Surah Adh Dhuha
  4. Surah Al Kafirun
  5. Surah Quraisy
  6. Surah Al Ikhlash

Surat pendek yang dibaca setelah membaca surat Al Fatihah adalah surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan surat Ad Dhuha pada rakaat ke dua (pendapat Imam Jalal Suyuthi dalam Hawsyil Khothiib).

Pendapat lain yang juga sama kuatnya adalah membaca surat Al Kafirun pada rakaat pertama dan surat al Ikhlash pada rakaat ke dua (pendapat Ibnu Hajar dan Imam Ramli).

Para ulama sepakat menganjurkan untuk mengumpulkan dua pendapat tersebut dengan membaca surat Asy Syamsi pada rakaat pertama dan Al Kafirun pada rakaat kedua, pada 2 rakaat pertama.

Selanjutnya pada 2 rakaat selanjutnya, membaca ad Dhuha pada rakaat pertama dan al Ikhlash pada rakaat ke dua. Untuk rakaat-rakaat selanjutnya, membaca surat al Kafirun pada rakaat pertama dan al Ikhlash pada rakaat ke dua.
(Sumber : Kitab I’aanatuh Thaalibiin Juz I, hal. 255, cetakan Nur Asia)

Dalam pelaksaanya, pada raka’at pertama disunahkan membaca Surah Asy Syams kemudian pada raka’at kedua disunahkan membaca Surah Adh Dhuha. Kemudia pada raka’at selanjutnya membaca surah Al Kafirun lalu Surah Al Ikhlash.

Setelah selesai Sholat Dhuha Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita doa Sholat dhuha sebagai berikut :

Doa Sholat Dhuha Lengkap Latin dan Terjemahan

 

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

 

ALLAHUMMA INNADH DHUHAA-A DHUHAA-UKA, WAL BAHAA-A BAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWWATUKA, WAL QUDRATA QUDRATUKA, WAL ‘ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAHUMA INKAANA RIZQI FIS SAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’ASSARAN FAYASSIRHU, WA INKAANA HARAAMAN FATHAHHIR-HU, WA INKAANA BA’IIDAN FA QARRIB-HU, BIHAQQI DUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDRATIKA, AATINII MAA AATAITA ‘IBAADAKASH SHAALIHIN(A).

Artinya :

“Ya Alloh, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Alloh, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Vidio doa sholat dhuha

Sahabat belajaralquran.id berikut ini adalah vidio kajian keutamaan sholat dhuha yang disampaikan oleh ustad Adi Hidayat, smoga menjadi pencerahan bagi kita semua.

Demikianlah artikel tentang doa shalat dhuha, tatacara sholat dhuha serta berbagai keutamaan sholat dhuha di dalam nya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Bantu share ya.. Semoga jadi amal sholeh untuk kita semua

Belajar Alquran | Rubaiyat | Metode Rubaiyat | Tajwid | Mengaji |

Saling Berbagi dalam kebaikan

One Response

  1. Ila October 23, 2018

Silahkan Komentar Disini