Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Huruf Hijaiyah

Dalam belajar membaca alquran hal yang mendasar adalah mengetahui Huruf hijaiyah dan cara bacanya. Oleh karena itu dalam artikel kali ini kita akan mengenal 29 huruf hijaiyah, karena huruf alquran ditulis dalam bahasa Arab maka tentunya yang akan dipelajari adalah huruf hijiyah arab atau  dikenal sebagai huruf hijaiyah.

Jumlah huruf hijaiyah ada 29 buah, dan untuk bisa membaca alquran tentunya kita perlu menghafal semua huruf hijaiyah tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang huruf hijaiyah. Bagaimana menulisanya serta bagaimana cara membaca huruf hijaiyah tersebut.

Supaya mudah mengingat ingat huruf hijaiyah dan tau cara membaca nya, maka sebaiknya disiapkan terlebih dahulu print out dari tuliasan hijaiyah beserta tulisan latin nya atau bisa juga lihat gambar dibawah ini

belajar alquran hijaiyah

Huruf Hijaiyah Lengkap Dengan Latin

Hal penting juga dalam membaca huruf hurup hijaiyah ini adalah cara keluarnya huruf atau makhrojul huruf, karena ada perbedaan dari setiap pengucapan huruf-huruf nya.

 

Huruf Hijaiyah Lengkap Dengan Latin

Huruf hijaiyah dan cara bacanya

Huruf Hijaiyah Lengkap Dengan Latin

Huruf Hijaiyah Lengkap Dengan Latin

Cara membaca huruf madd (panjang):

Huruf â, dibaca aa.
Huruf î, dibaca ii.
Huruf û, dibaca uu.

KETERANGAN

Huruf Hijaiyah ada 29

Jumlah huruf `Arab aslinya sebanyak 29 huruf. Adapun huruf Lâm Alif (لا) dan Tâ Marbûthoh (ة) – huruf no. 30 dan 31 pada tabel di atas dan diberi tanda asterisk (*) – digolongkan ke dalam salah satu dari 29 tersebut. Misalnya, Lâm Alif, huruf ini dapat dipecah menjadi Lâm dan Alif. Sedangkan huruf Tâ Marbûthoh berubah menjadi huruf Hâ jika berbaris sukun (mati), dan dibaca menjadi huruf Tâ, jika selain sukun.

Membaca alquran tajwid

Huruf Zay (ز) – diberi tanda asterisk (*) – adalah satu-satu huruf `Arab atau hijaiyyah yang memiliki tiga makhraj. Selain yang disebutkan pada tabel di atas, huruf Zay juga dapat dibaca: (a) Zayy (زَيّ); dan (b) Za’ (زَا). Tambahan keterangan ini dijelaskan dalam tulisan tentang ilmu tajwid, dari al-Ust. al-Qari al-Hafizh Azra`i `Abdurrauf, Syekh al-Qurra’, juri MTQ internasional dari Medan (sebelumnya bermukim di Makkah selama kira-kira 15 tahun) dan sesuai pula dengan yang terdapat pada kitab ath-Thariq ash-Shahih Li-Makharij al-Huruf.

Perbedaan ahli nahwu dan ahli qiro’ah

Urutan huruf-huruf `Arab pada tabel di atas merujuk pada urutan yang biasa digunakan dalam kamus `Arab. Terdapat perbedaan penyebutan nama huruf-huruf `Arab menurut ahli bahasa `Arab (ahli nahwu atau nahwiyyin) dengan ahli qira’ah. Menurut ahli bahasa `Arab, nama-nama huruf dibaca dengan menambah Alif Lâm di depannya dan huruf Hamzah di belakangnya. Misalnya, huruf Bâ (ب ) diberi nama al-Ba’u, ditulis اَلْبَاءُ ,sehingga ketika dibaca menjadi berbunyi: Bâ’ atau Bâk.

Cara membaca ini bertentangan dengan kaidah bacaan yang digunakan oleh ahli qira’ah, sebab ahli qira’ah merujuk kepada bacaan Al-Qur’an pada Huruf-huruf Pembuka Al-Qur’an seperti طه , حم , dll, dimana tidak pernah diajarkan secara sima`i (mendengar langsung) bahwa huruf-huruf tersebut dibaca menjadi Thâ’ Hâ’ (atau Thâk Hâk), Hâ’ Mim (atau Hâk Mim), melainkan wajib dibaca Thâ Hâ dan Hâ Mîm.

Dengan demikian, nama huruf-huruf selain huruf Pembuka Al-Qur’an tersebut, misalnya huruf Bâ (ب ), dapat diqiyaskan bacaannya sama dengan huruf-huruf Pembuka Al-Qur’an tersebut, sehingga dibaca tanpa mengeluarkan bunyi huruf Hamzah pada akhirnya.

Cara membaca huruf latin hijaiyah

Transliterasi (perubahan tulisan huruf) Arab ke Latin sejauh ini belum memiliki standar yang berlaku universal, bergantung masing-masing negara atau bahkan masing-masing penerbit tulisan. Tabel transliterasi di atas merujuk kepada apa yang tertulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecuali untuk huruf Hâ (ح ), Shôd (ص ), Dhôd (ض ), Thô (ط ) Zhô (ظ ) dan Hâ (هـ )

Cara Mengucapkan Huruf Hijaiyah dan cara bacanya

Sebagai contoh untuk huruh “KHA” dibaca “KHO” dikeluarkan dari tenggorokan. Begitupula dengan huruf “SAD” dan “DAD” dibaca “SHOD” dan “DHOD”. Dan beberapa huruf lain yang dibaca berbeda dengan Tulisan latin di atas. Agar lebih mudahnya kita bisa lihat bagaimana cara membaca huruf hijaiyah ini pada vidio dibawah ini

Pentingya Tartil
Cara mengucapkan huruf hijaiyah

Demikinlah tahapan atau dasar-dasar agar bisa membaca Al-Qur’an, dimulai dengan mengenali 28 huruf-huruf hijiaiyah dan cara bacanya terlebih dahulu. Metode membaca alquran seperti ini dikenal dengan metode iqro. Ada banyak metode belajar membaca Al-Qur’an, metode iqro salah satu metode belajar baca alquran yang sudah dikenal.

Semoga tulisan tentang huruf-huruf hijaiyah dan cara bacanya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Belajar Alquran | Tajwid | Mengaji

Saling Berbagi dalam kebaikan

Silahkan Komentar Disini