Tabel Huruf Hijaiyah Sambung

Posted on

Konten diperbaharui pada November 12, 2020 oleh Belajar Mengaji

Tabel Huruf Hijaiyah Sambung – Pada artikel kali ini dibahas tentang Huruf Arab atau huruf hijaiah atau dikenal sebagai huruf asli bahasa Arab demikian puladengan cara penulisanya ketika disambung. Dari huruf alif hingga huruf ya beserta contoh nya. Huruf sambung hijaiyah tersebut dibuat daftar sehigga mudah untuk dipelajari dan dihafalkan.

Bagi sebagian kita, yang huruf nya menggunakan huruf latin, membaca huruf hijaiyah sambung tentunya menjadi masalah tersendiri. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa dipelajari ya..

Artikel “tentang tabel huruf hijaiyah sambung” ini mudah-mudahan akan mempermudah kita semua dalam membaca huruf arab, dan dalam konteks belajaralquran.id adalah untuk belajar membaca Alquran

Huruf hijaiyah adalah aksara bahasa Arab yang telah dikodifikasi untuk penulisan bahasa Arab. Abjad Arab ditulis dari kanan ke kiri bergaya kursif dan terdiri dari 28 huruf. 

tabel huruf hijaiyah sambung

Abjad Arab berasal dari Aksara Aramea (dari bahasa Syria dan Nabatea), di mana abjad Aram terlihat kemiripannya dengan abjad Koptik dan Yunani.

Huruf hijaiyah sebagai huruf asli bahasa Arab ada 28, yaitu seperti tabel huruf arab di bawah ini.

tabel huruf hijaiyah sambung

Huruf Hijaiyah Bersambung dan Tidak Bersambung

Dalam penulisannya, huruf hijaiyah memiliki perbedaan mendasar dengan penulisan huruf abjad latin. 

Jika penulisan huruf latin selalu dalam keadaan terpisah-pisah satu sama lain, sedangkan huruf Arab memiliki ketentuan berbeda.

Untuk membentuk sebuah kata, huruf hijaiyah dapat ditulis berdiri sendiri atau ditulis bersambung tergantung kondisi dan sifat hurufnya nya.

Contohnya :

Huruf hijaiyah ALIF, perhatikan bentuk huruf alif saat disambung, yaitu hanya ada pada posisi akhir saja.

Sedangkan di awal dan ditengah huruf ALIF tidak bisa disambung.

tabel huruf hijaiyah sambung

Contoh Lain

Huruf Hijaiyah JIM

tabel huruf hijaiyah sambung

Perhatikan Perbedaan Dengan Huruf KHO

tabel huruf hijaiyah sambung

Belajar Huruf Hijaiyah Sambung

Untuk bisa membaca alquran tentunya kita harus belajar juga huruf hijaiyah sambung. Mengetahui dengan baik sebuah huruf ketika huruf tersebut berada di depan, di tengah atau di belakang.

Ada huruf hijaiyah yang tidak mungkin disambung bila huruf tersebut berada di tengah, juga bentuk-bentuk yang berbeda dari huruf lainya.

Tips : Dalam mengenali huruf hijaiyah sambung perhatikan juga tanda titik nya.

 

Contoh dalam Kalimat Huruf Hijaiyah Sambung

Untuk contoh memahami huruf hijaiyah sambung misalnya adalah pada kalimat Bismillahirrahmanirrahiim dengan tulisan seperti dibawah ini

بِسْمِ ٱللَّٰهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Kalimat ini terdiri dari huruf  بِسْمِ

Hijaiyah BA di Posisi Awal

contoh huruf hijaiyah sambung

Hijaiyah SIN di posisi tengah

contoh huruf hijaiyah sambung

Hijaiyah MIM di posisi Akhir

contoh huruf hijaiyah sambung

Berikutnya adalah 

Alif, Lam, Ha   ٱللَّٰهِ

Alif, RA, Ha, Mim, Nun   ٱلرَّحْمَٰنِ Perhatikan huruf RA tidak Bisa Disambung dengan HA

Alif, Ra, Ha, Ya, Mim  ٱلرَّحِيمِ  Perhatikan huruf RA tidak Bisa Disambung dengan HA

 

Untuk huruf-huruf hijaiyah tersebut sahabat belajaralquran.id bisa merujuk kepada tabel huruf hijaiyah. Untuk lebih lengkap perhatikan tabel Huruf hijaiyah secara Lengkap

Tabel Huruf Hijaiyah Sambung Lengkap

Berikut ini adalah daftar tabel huruf hijaiyah sambung, cara baca nya dalam Latin dan Arab juga literasi bahasa Indonesia nya.

Tabel Huruf Hijaiyah Sambung Lengkap

Tabel Huruf Hijaiyah Sambung Lengkap

tabel huruf hijaiyah sambung

 

Tabel huruf hijaiyah ini hanya menjelaskan cara penulisan huruf saja. Bagaimana penulisan di awal, di tengah dan di akhir.

Perhatikan juga huruf hijaiyah yang tidak dapat disambung satu dengan lainya seperti huruf ALIF, DAL, DZAL, RA dan ZAY. Bagaimana dengan cara membaca nya? dalam artikel ini tidak dibahas tentang membaca nya. 

Jika ingin mengetahui bagaimana cara membaca nya, Sahabat belajaralquran.id dapat membaca artikel tentang huruf hijaiyah dan cara membacanya 

Demikianlah artikel tentang Tabel huruf alquran Hijaiyah Sambung ini, sengaja dibuat dengan menggunakan tabel huruf tidak lain untuk mempermudah belajar huruf hijaiyah sambung.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca artikel lainya tentang

 

Mohon Berikan Penilaian

0 / 5 4.38
Gravatar Image
Assalamualaikum, Berusaha untuk istiqomah Belajar Alquran dan Mengajarkan Alquran, Penulis, Berusaha melakukan terbaik. Distributor Metode Rubaiyat Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *